ANALISA PERHITUNGAN, DAN PERFORMA POMPA SENTRIFUGAL ITEM A 124 J PADA UNIT AMONIA PT XY

Geri Permana(1*), Rizal hanifi(2), Kardiman ,(3)

(1) Teknik Mesin
(2) Teknik Mesin
(3) Teknik Mesin
(*) Corresponding Author

Sari


Sektor industri merupakan salah satu tiang penyangga perekonomian Negara Repulik Indonesia yang sangat vital. Hal ini karena sektor industri selain sebagai penghasil devisa juga memiliki suatu fungsi sosial yaitu sebagai penyerap tenaga kerja dan sebagai pendukung sektor-sektor lain. Kekayaan alam dan keuntungan geografis Negara Republik Indonesia adalah salah satu alasan mengapa sektor industri merupakan suatu prospek yang sangat baik. Pompa adalah peralatan pendukung mekanis yang digunakan PT. XY untuk memindahkan fluida incompressible dari torrent. Salah satu jenis pompa yang banyak dijumpai dalam bidang industri ialah pompa sentrifugal, pompa sentrufugal ini digerakan oleh penggerak mula dimana pada pengoprasiannya mempunyai prinsip putaran impeller sebagai elemen pemindah fluida. Turunnya performansi pada pompa secara tiba-tiba dalam operasi sering mengakibatkan suatu  permasalahan  yang serius dan dapat mempengaruhi pada kinerja sistem secara keseluruhan. Metode yang dipakai pada penelitian ini ialah terjun langsung kelapangan dengan mengamati kinerja pompa di PT. XY. Dari hasil analisa sesuai dengan spesifikasi Pompa A 124 J didapatkan nilai Debit (Q) sebesar 77,9 m3 /h dan nilai Head sebesar 79,5m, sedangkan pada analisa perhitungan aktual didapatkan nilai Head sebesar 55,36 m, pada perbandingan tersebut dapat diketahui berapa besarnya selisih antara Head teoritis dengan Head aktual, adanya selisih ini di karenakan pada pengoperasiannya hanya di butuhkan Head sebesar 55,36 m dengan rata-rata 77,9 m3 /h.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


N. Erni and B. Wijaya, Usulan Penerapan Teori Markov Dalam PengambilanKeputusan Perawatan Tahunan Pada PT . Pupuk Kujang, pp. 56–63. 2011.

J. Delly, Pengaruh temperatur terhadap terjadinya kavitasi pada sudu pompa sentrifugal, Ilm. Tek. mesin, vol. 1, no. 1, pp. 21–28. 2009.

S. Hariady, Analisa Kerusakan Pompa Sentrifugal 53-101c Wtu Sungai Gerong PT . Pertamina Ru Iii Plaju, vol. 2, no. 1, pp. 29–42. 2014.

alkonusa, 2016. Pengertian Pompa Sentrifugal, [Online] (Updated 10 Febuari 2016) Tersedia di: http://www.alkonusa.com/news/pengertian-pompa-sentrifugal-dan-prinsip-kerjanya/.

I. N. Gusniar, Optimalisasi Sistem Perawatan Pompa Sentrifugal Di Unit Utility PT.ABC,” Ilm. solusi. 2014.

W. D. Putro, Pengujian Kinerja Pompa Sentrifugal Menggunakan Kontrol Inventer, Ilm. semesta Tek., vol. 13, no. 1, pp. 21–30, 2010.

A. Rahman and M. Zakinura, “Analisa low performance pompa sentrifugal single stage double souction radially split tipe bb.2,” Politek. NEGERI JAKARTA, pp. 496–501.

E. Nugroho, A. Sunaryunanto, Helmizar, A. Nuramal, and A. Suandi, “Analisa Performance Pompa Sentrifugal Item 6p-4021-J Yang Dipengaruhi Kondisi Strainer Terhadap Efisiensi Kerja Yang Dihasilkan,” Ilm. Tek. Mesin, vol. 3, no. 2. 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v6i2.6051

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.