PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MESIN PENGERING IKAN ASIN TIPE RAK DENGAN KAPASITAS 20KG MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR GAS

Rizky Sulvika Puspa Rinda(1*), Imam ,(2), Pebruana Fitria Sudarni(3)

(1) Teknik Mesin
(2) Teknik Mesin
(3) Teknik Mesin
(*) Corresponding Author

Sari


Ikan asin kering merupakan produk olahan pangan yang dalam prosesnya melalui beberapa tahap, diantaranya adalah proses penggaraman dan pengeringan. Proses tersebut dilakukan agar ikan asin dapat bertahan lama. Proses pengeringan dapat dilakukan dengan menjemur ikan yang telah melalui proses penggaraman di bawah sinar matahari langsung. Tetapi proses ini memakan waktu yang relatif lama karena sangat bergantung pada cuaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat mesin pengering ikan asin yang lebih efesien waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan merancang rangka kemudian mengujicoba mesin dan selanjutnya menganalisis mesin untuk memastikan mesin dapat bekerja dengan baik. Hasil pengujian menunjukan bahwa mesin pengering ikan asin tipe rak dengan kapasitas 20kg dapat bekerja maksimal dengan proses pengeringan ikan hanya membutuhkan waktu 6 jam. Mesin pengering ini mampu mengurangi kadar air pada ikan sepat asin dari 55% menjadi 35,48%. Suhu panas yang baik untuk proses pengeringan ikan sepat asin agar diperoleh hasil pengeringan yang rata dan kering adalah 70°C - 80°C.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Simanjuntak, “Analisis Kadar Formalin pada Ikan Asin yang di Pasarkan di Kota Gorontalo,” Universitas Negeri Gorontalo, 2012.

S. Antoni, “Analisa kandungan formalin pada ikan asin dengan metoda spektrofotometri di Kecamatan Tampan Pekanbaru,” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2010.

N. F. Sophyan, “Rancang Bangun Alat Pengering Ikan Tipe Rak Menggunakan Kolektor Surya,” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016.

P. M. Ferguson, B. Susanto, and K. Setianto, Dasar-Dasar Beton Bertulang. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1984.

Suharto, Teknologi pengawetan Pangan. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Joeswadi, Alat Pengering Ikan. Medan: BPPI Medan, 1986.

D. R. Pitts, Teori dan soal-soal perpindahan kalor. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1987.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v6i2.6050

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.