ANALISA TEGANGAN PADA RANGKA SEPEDA MOTOR LISTRIK DENGAN KECEPATAN 45 KM/JAM

Budi Hartadi(1*)

(1) Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Sepeda motor memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda, salah satunya bagian penting dari sebuah sepeda motor listrik adalah kerangka (frame). Rangka sepeda motor berfungsi sebagai penyangga komponen, penguat stuktur sekaligus pengendali. Pembebanan merupakan factor yang paling penting yang menentukan besar kekuatan (chassis). Pembebanan yang lebih besar akan menyebabkan (chassis) mudah mengalami fatigue dan akan mempercepat umur chassis. Pendesaian chssis motor itu sendiri dalam menyongko body yang aerodinamis yang dibutuhkan agar mencapai target yang diinginkan. Dalam metode penelitian ini sangat penting dilakukan karena merupakan alat untuk menentukan langkah-langkah penelitian.Untuk mengetahui beberapa pengaruh penelitian perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut yaitu literature,uji coba dimana untuk mengtahui lama kekkuatan rangka,mengetahui ketahanan material dan efesiensi beban pada rangka. Kemudian dari hasil analisa kekuatan rangka momen atau beban yang diperoleh pada rangka sepeda motor listrik adalah 1316,7N/m. Kontruksi rangka yang digunakan pada sepeda motor listrik ini menggunakkan besi jenis ST 45 yang di sambung satu sama lainnya menjadi suatu rangka yank diinginkan, dan pada kontruksi rangka sepeda motor listrik ini ada tambahan yaitu besi pipa segi emppart berdiameter 1in dan tebal 2 mm



DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v1i1.462

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.