PENGARUH KARAKTERISTIK ENGINE DALAM PENGGUNAAN BAHAN BAKAR BIODIESEL B-20 TERHADAP NILAI PERFORMANSI

Puji Saksono(1*), Marsius Ferdnian(2)

(1) Program Studi Teknik Mesin
(2) Program Studi Teknik Mesin
(*) Corresponding Author

Sari


Indonesia memiliki potensi yang besar untuk memproduksi bahan bakar alternatif sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM). Biodiesel merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang dapat digunakan sebagai bahan bakar engine diesel. Tujuan penelitian adalah menganalisa pengaruh karakteristik engine dalam penggunaan bahan bakar biodiesel B-20 terhadap nilai performansi. Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mulai dari pengumpulan data, proses overhoul engine, hingga ke proses pengujian performansi dengan dynamometer (dynotest). Peneliti melakukan pengujian dari beberapa jenis engine diesel pada unit alat berat yang digunakan pada perusahaan pertambangan dan marine. Pengujian dari beberapa unit engine yang diuji akan didapatkan bahwa untuk mencapai performansi tertinggi baik torsi dan daya tiap engine akan berbeda nilai putaran engine-nya. Hal ini dikarenakan sistem, teknologi, konstruksi dan tingkat kesempurnaan pembakaran di ruang bakar yang berbeda. Terjadi penurunan nilai performansi untuk semua engine dan jenis injection pump apapun yang digunakan pada saat menggunakan bahan bakar biodiesel B-20 dibandingkan dengan solar. Penurunan nilai performansi engine sangat berhubungan dengan karakteristik engine untuk dapat mengadaptasi perubahan typical characteristic dari bahan bakar biodiesel B-20 yamg tentunya tidak sama seperti solar atau bahan bakar yang digunakan sebelumnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Waluyo, Puji Saksono, Gunawan, Analisis perbandingan penggunaan bahan bakar solar dan biodiesel B20 terhadap performansi engine Volvo D9B 380, Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri (SENIATI), ITN Malang, (2017)

Alun Training Center, Basic Engine. Jakarta: PT. Alun, (2011)

Cummins, Training Module part3-Basic Mechanic Cours XXIII, PT. Altrak 1978, Balikpapan, (2011)

Magfirotunnisa1, Gunawan, Puji Saksono, Analisis perbandingan penggunaan Bahan bakar solar dengan biodiesel B15 dan B20 terhadap performansi engine Komatsu SAA6D107E-1, Prosiding SNIT, Politeknik Negeri Balikpapan, (2018)

Tomo, R. Choerniadi, Biofuel Melawan Ketidakpastian Energi. Bursa Ilmu,Yogyakarta, (2015)

United Tractors. PT, UT School Training Module Basic Engine Diesel, two edition, PT. United Tractor, Jakarta (2011)

Willard W. Pulkrabek, Engineering Fundamentals of the Internal combustion Engine (second edition), Prentice Hall, New Jersey, (2000)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v5i2.4034

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.