MODIFIKASI MESIN POMPA AIR SAWAH DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR BENSIN MENJADI GAS

Achmad Rijanto(1*), Suesthi Rahayuningsih(2)

(1) Program Studi Teknik Mesin
(2) Program Studi Pendidikan Matematika
(*) Corresponding Author

Sari


Penggunaan bahan bakar dengan biaya yang lebih murah dan ramah lingkungan merupakan kebutuhan masyarakat yang tidak dapat dihindari. Terutama bagi para petani yang menggunakan bahan bakar minyak untuk bahan bakar mesin pompa air sawahnya. Oleh karena itu perlu diambil langkah alternatif substitusi penggunaan bahan bakar yang lebih murah pada penggunaan mesin pompa air sawah, yaitu substitusi dari bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG). Tujuan penelitian ini adalah memodifikasi mesin pompa air sawah menggunakan bahan bakar minyak minyak (bensin) menjadi berbahan bakar gas LPG (Liquified Petroleum Gas) dan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar mesinnya. Metode yang digunakan adalah metode ekperimental dan modifikasi mesin. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu berupa satu unit mesin hasil modifikasi mesin pompa air sawah berbahan bakar bensin menjadi gas LPG, dan konsumsi bahan bakar LPG sebesar 0,300 – 0,360 kg/jam, pada putaran mesin 2000 rpm.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aziz, M. (2013). Analisis Penggunaan Bahan Bakar Liquified Petroleum Gas (LPG) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Co Dan Hc Pada Motor Supra X 125R Tahun 2009. Nosel, 1(3), 1-10.

Nono, F. G. B., Yudo, H., & Budiarto, U. (2017). Studi Perbandingan Mesin Outboard Honda GX200 Bahan Bakar Bensin Premium dan Bahan Bakar Elpiji yang Dimodifikasi dengan Konverter Gas pada Kapal Nelayan Tradisional Tanjung Mas. Teknik Perkapalan, 5 (1), 223-236.

Maskur, K., Nursan, N., & Patra, I. K. (2016). Analisis Dampak Konversi Minyak Tanah Ke Gas Elpiji Terhadap Peningkatan Pendapatan Industri Bagea Di Kota Palopo. Equilibrium, 2 (1), 123-129.

Singh, H, Kumar, C, Yadaf, KD, Yadav, KA, Nishad A, Verma, KA & Pandey, KA. 2015. Conversion Of Petrol Bike Into Lpg And Emission Check. International Journal Of Mechanical Engineering And Technology (IJMET,) 6 (4), 65-71.

Ramelan, Utomo. (2015). Peningkatan Efisiensi Bahan Bakar Dengan Metode Cyclon Melalui Pemasangan Swirling Vane Pada Sepeda Motor. AUTINDO Politeknik Indonusa Surakarta, 1 (2), 42-47.

Mahmud, R., & Sungkono, D. (2015). Komparasi penggunaan bahan Bakar Premium Dengan bahan Bakar LPG Sistem Manifold Injeksi Terhadap Kadar Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah. Integrasi, 7 (1), 45-49.

Rijanto, A., & Efendi, I. B. (2018). Rancang Bangun Mesin Parut Kelapa dengan Menggunakan Bahan Bakar Gas. Warta Industri Hasil Pertanian, 35(2), 60-67.

Ariawan, BWI, Kusuma, WBGI & Adnyana, BWI. (2016). Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Daya, Torsi Dan Onsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis. METTEK, 2 (1), 51–58.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v5i2.4032

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.