PENGARUH CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN TEMBAGA 0,6 MM BERBENTUK SIRIP TERHADAP HASIL EMISI GAS BUANG PADA HONDA BEAT TAHUN 2015

Budiyono ,(1*)

(1) Program Studi Teknik Mesin Diploma Tiga
(*) Corresponding Author

Sari


Catalytic Converter  adalah salah satu alat yang digunakan mengurangi emisi gas buang yang berbahaya bagi manusai  . Dimana alat tersebut terbuat dari bahan Tembaga  dengan tebal 0,6 mm bahan jenis ini mampu mengurangi emisi gas buang (HC, CO) cukup tinggi antara 80% sampai 16%. Pada penelitian ini penulis mencoba mengkaji bagaimana pengaruh penggunaan catalytic converter berbahan tembaga untuk mengurangi nilai kadar gas CO dan HC pada Honda Beat Tahun 2015. Pengujian ini dilakukan dengan dua tahap yaitu pengujian dengan knalpot standar dan knalpot bercatalytic converter dengan variasi putaran mesin 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm, 3500 rpm, 4000 rpm.Hasil dari penelitian ini adalah Pengaruh penggunaan catalytic converter dengan bahan tembaga dengan model sirip mengalami penurunan kadar emisi gas CO paling efektif pada putaran mesin 1500 rpm sebesar 2,357% dari 4,89% menjadi 2,54% dan nilai kadar emisi gas HC turun pada rpm 1500 sebesar 2726 ppm dari 9.999 ppm menjadi 7273 ppm.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


O. Sriyanto, “Pengaruh tipe busi terhadap emisi gas buang sepeda motor,” Automot. Exp., vol. 1, no. 03, pp. 64–69, 2018.

P. S. Pasaribu, “Pengaruh Celah Katup Dan Campuran Bahan Bakar Pertamax Turbo Dengan Premium Terhadap Emisi Gas Buang Pada Mobil 1500 Cc”,” Ojs-unita.com, vol. 1, no. 2, p. 283, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

A. N. Syaief, M. Adriana, and A. Hidayat, “Uji Emisi Gas Buang Dengan Perbandingan Jenis Busi Pada Sepeda Motor 108 Cc,” Elem. J. Tek. Mesin, vol. 6, no. 1, p. 01, 2019, doi: 10.34128/je.v6i1.82.

S. Aswito, “Pengaruh Catalytic Converter Dengan Model Jaring Terhadap Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Bermotor,” J. Tek. Mesin Univ. Islam Malang, pp. 28–34, 2017.

W. WibisonoIskandar, “Tembaga Berlapis Mangan Terhadapterhadap Reduksi Emisi Gas Buang Suzuki Satria Fu 150,” JTM Univ. negeri Surabaya, vol. 3, no. 2, pp. 207–216, 2010.

M. S. CholilullohWarju, “Engaruh Metallic Catalytic Converter Tembaga Berlapis Krom Dan Air Induction System (Ais) Terhadap Reduksi Emisi Gas Buang Yamaha New Jupiter Mx,” JTM , Jur. Tek. Mesin Fak. Tek. Univ. Negeri Surabaya, vol. 03, no. 2, pp. 104–113, 2014.

W. Rido Manuggal, “Pengaruh Penggunaan Metallic Catalytic Converter Berbahan Tembaga Dan Aplikasi Teknologi Sass Terhadap Performa Sepeda Motor Honda New Mega Pro,” JTM , Univ. Negeri Surabaya, vol. 1, no. 2, pp. 110–115, 2008.

A. E. N. Sulton Hari Satrio Utomo1, Nely Ana Mufarida2, “Pengaruh Catalytic Converter Tembaga (Cu) Terhadap Konsentrasi Gas Karbon Monoksida (Co) Dan Hidro Karbon (Hc) Pada Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah 125 Cc,” J. Tek. Mesin Univ. Muhammadiyah Jember, pp. 1–9, 2017.

R. Ubaidillah, “Analisa Perbandingan Emisi Gas Buang Dengan Menggunakan Catalytic Converter Berbahan Baja , Kuningan Dan Tembaga,” 2018.

S. Rachmadhi, “Pengaruh Jarak Kerenggan Celah Elektroda Busi Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Tak,” J. Tek. Mesin Unp, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

S. Pasaribu, “Pengaruh Variasi Celah Busi Dan Jenis Busi Terhadap Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Roda Dua 110Cc,” Integritas, vol. 3, no. 1, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v5i2.4029

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.