PROTOTIP OSCILLATING WATER COLUMB (OWC)

Rendi ,(1*), Jainal Arifin(2)

(1) Teknik Mesin
(2) Teknik Mesin
(*) Corresponding Author

Sari


Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membangkitkan gelombang laut adalah dengan Wave Energy Converter (WEC) atau konversi energi gelombang laut. Salah satunya adalah yang banyak diteliti Konversi energi gelombang laut jenis Oscillating Water Columb (OWC). Sistem OWC memiliki 4 komponen utama yaitu chamber, air turbine, generator, dan pontoon. Chamber berfungsi untuk tempat osilasi antara air dan udara, air turbine berfungsi untuk menangkap energi dari udara yang akan digunakan untuk memutar generator, sehingga menghasilkan energi listrik.  Penelitian ini bertujuan merancang bangun Oscillating Water. Oscillating Water Columb yang dirancang dengan volume columb 20 cm3 memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Oscillating Water Columb yang dirancang dengan volume columb 10 cm3

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief Prastiatomo.2014. ‘rancang bangun miniatur pembangkit gelombang laut’ Jakarta

Udaidilah dkk. “studi potensi pembangkit listrik tenaga ombak di perairan laut sepu pulau sepu kabupaten malang” Briwijaya.

Kurniawan, I. (2014) ‘Kajian Eksperimental dan Numerikal Turbin Air Helikal Gorlov Untuk Twist Angle 60’, Jurnal Teknobiologi, 5(1), pp. 7–13.

Pietersz, Richard , Rudy Soenoko, S. W. (2013) ‘Pengaruh Jumlah Sudu Terhadap’, Jurnal Rekayasa Mesin, 4(2), pp. 93–100.

Mulkan, I., Hantoro, R. and Nugroho, G. (2012) ‘Analisa Performansi Turbin Arus Sungai Vertikal Aksis Terhadap Penambahan Variasi Panjang’, Jurnal Teknik Pomits, 1(1), Pp. 1–5




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v5i1.3042

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.