ANALISA PERBANDINGAN BEBAN KERJA MENGGUNAKAN KOMPRESOR TUNGGAL DAN DUA KOMPRESOR DENGAN SISTEM EXPANSION VALVE PADA COLD STORAGE PENYIMPANAN UDANG KALENG

Sobar Ihsan(1*), Rendi ,(2)

(1) Teknik Mesin
(2) Teknik Mesin
(*) Corresponding Author

Sari


Cold Storage merupakan  suatu mesin refrigerasi  yang digunakan  untuk menyimpan  suatu produk dalam suhu tertentu,  sehingga  kualitas  produk  tetap terjaga. Analisa teknis di lakukan dengan menganalisa parameter– parameter : Thermodynamic Refrigeration Cycle, Refrigerant effect (RE), Laju aliran massa(m) dan Kerja kompresi (W) dari masing-masing tipe, setelah memperoleh karakteristik teknis dapat di hitung daya yang dibutuhkan oleh  masing-masing tahapan (chilling ,freezer dan.storage). Daya total yang dibutuhkan oleh ketiga tahapan tersebut akan dibandingkan terhadap kedua alternatif. Analisa ekonomis dilakukan dengan  membandingkan  biaya  yang  dibutuhkan sesuai hasil analisa teknis baik dari sisi konstruksi desain maupun penggunaan energi listrik yang dibutuhkan dari kedua tipe tersebut.

Setelah melakukan analisa teknis dan ekonomis terhadap kedua tipe. dari hasil perhitungan teoritis ternyata ada perbedaan total daya kompresor yang dibutuhkan antara model satu kompresor dan dua kompresor, pada model satu kompresor daya total kompresor adalah 121075 Btu/jam, sedangkan pada model kedua dengan dua kompresor daya total kompresor yang dibutuhkan adalah 196304,4 Btu/jam, berarti ada selisih sebesar  75229,4 Btu/jam atau 21,3 KW, secara  ekonomis  dengan  memakai  model  dua kompresor maka dapat dilakukan penghematan sebesar : 21,3  KW x 24 jam x 365 hari.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jurnal Al ulum Sains dan Teknologi. Jainal Arifin, Optimasi Shell and Tube Kondensor dan Pemanfaatan Energi Panas Terbuang Pada AC untuk Pemanas air. Vol 1, No 1, November 2015

Jurnal Ilmu dan Aplikasi Teknik, Marno, Awal Nurahmadi, Kajian Alat Penukar Kalor Shell And Tube Menggunakan Program Heat Transfer Research Inc (HTRI). Volume 2 No.1, Januari 2017

Jurnal Kajian Teknik Mesin. Audri Deacy Cappenberg. Analisa Kinerja Alat Penukar Kalor Jenis Pipa Ganda. Vol. 1 No. 2.

Artikel Teknik Mesin. Sugiyanto. Analisis Alat Penukar Kalor Tipe Shell And Tube Dan Aplikasi Perhitungan Dengan Microsoft Visual Basic 6.0. Universitas Gunadarma. Depok.

Artikel Teknik Fisika. M. Fahmi Rizal, Gunawan N, Ir. Sarwono. Rancang Bangun Perangkat Lunak untuk Desain Alat Penukar Panas Tipe Shell dan Tube. ITS. Surabaya.

Prosiding ITS. Grasiano Warakano dan Lailossa. Analisa Perbandingan Penggunaaan Kompresor Tunggal dan Tiga kompresor dengan sistem individual expansion valve untuk Cold Storage kapasitas 50 Ton untuk Pasar Ikan Lokal di Pulau Ambon. Surabaya 2009.

Kreith, Frank. 1986. Prinsip-prinsip Perpindahan Panas. Edisi Ketiga. Erlangga: Jakarta.

Sitompul, Tunggal M. 1993. Alat Penukar Kalor. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v5i1.3041

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.