RANCANG BANGUN ALAT PENYEDIA PIRING PORTABLE

Dianita Wardani(1*), Tianur ,(2), Aditya Kosasih(3)

(1) Program Studi Teknik Mesin
(2) Program Studi Teknik Mekatronika
(3) Program Studi Teknik Mekatronika
(*) Corresponding Author

Sari


Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dengan perkembangan teknologi, terdapat banyak alat yang diciptakan untuk  membantu pekerjaan manusia bertujuan agar lebih efektif dan efisien. Penelitian ini membahas tentang Alat Penyedia Piring Portable yang dapat digunakan di restaurant, rumah makan. Alat ini bertujuan untuk menyediakan piring tambahan untuk diletakkan di rumah makan, agar pengunjung lebih mudah untuk mendapatkan piring tambahan apabila membutuhkan piring secara cepat untuk beberapa alasan seperti piring tambahan buat saus, nasi dan sambal. Selain itu digunakan  untuk meletakkan sisa makanan seperti tulang ikan. Penginputan pada alat ini dilakukan menggunakan keypad dengan sistem elektronika menggunakan Arduino Uno. Alat ini mengakomodir  pemesanan tambahan piring sebanyak 6 piring, piring yang dapat di simpan oleh alat sebanyak 12 piring. Setiap pemasukan piring tambahan penginputan melalui keypad. Proses penjepitan menggunakan metode mekanik, menggunakan motor linear yang terhubungkan dengan lift transport yang digerakkan menggunakan motor wiper. Alat ini mampu mengangkat piring dengan berat 9,6 kg dalam waku 2 menit 30 detik, sedangkan untuk piring dengan berat 3,2 kg alat ini membutuhkan waktu 1 menit 30 detik.  Keberhasilan alat penyedia piring portable untuk mencekam piring sebesar 90%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Tribunnews.com, (2016). Dasar teori rumah makan.

Syahrul,(2015).Motor Wiper Teknologi, Metoda, dan Rangkaian Kontrol. Teknik Komputer,Universitas Komputer Indonesia , Bandung , Indonesia.

Chowdhury,Kumar,Kalita,Tammi,Kakoty, (2017). Motor linier, Design Algoritma, Analisis dan Kontrol LSRM,Rekenteiden Mekaniikka.

Zonaelektro.net (2015). Teori Motor Wiper,Jenis dan Prinsip KerjaWiper.Implementasinya, Yogjakarta : Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v5i1.3040

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.