PERANCANGAN PERAHU PEMBERSIH SAMPAH DI ALIRAN SUNGAI KOTA BANJARMASIN

Muhammad Firman(1*), Muhammad Irfansyah(2)

(1) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Upaya dari pemerintah daerah di kalimantan selatan untuk mengembalikan fungsi sungai melalui kegiatan aksi bersih-bersih aliran sungai khususnya kota banjarmasin sudah mulai menjadi perhatian masyarakat dan pemko, untuk menjadikan kota banjarmasin sebagai destinasi wisata air seperti halnya amsterdam. Namun masih belum secara menyeluruh, karena ternyata masih banyak sampah-sampah di aliran sungai kecil yang sulit di bersihkan. Untuk itu sangat perlu adanya koordinasi yang lebih baik dalam menjaga kebersihan lingkungan. Di banjarmasin dalam mengatasi permasalahan sampah sungai sudah menggunakan kapal pembersih sampah untuk sungai besar, sedangkan untuk anak sungai yang kecil-kecil lebih kurang lebarnya antara 2 m sampai 4 meter ada yang menggunakan sampan seadanya yang mana petugas kebersihannya kalau membersihkan sungai tersebut terjun kesungai untuk memunguti sampah sedangkan perahunya untuk penampungan sampah sementara sebelum dibuang kepembuangan sampah akhir. Atas dasar itulah maka sangat diperlukan sebuah desain perahu pembersih sampah yang sesuai dengan kondisi sungai di kota banjarmasin. Sehingga kegiatan bersih-bersih tersebut benar-benar efektif dan efesien. Dari hasil analisa dan perhitungan yang dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Desain perahu pengangkut sampah sudah sesuai dengan yang diharapkan supaya mampu beroperasi di sungai kecil, sempit dan mampu bekerja pada kondisi air dangkal. Kemampuan apung yang didapatkan adalah sebesar = 4716,648 N,  Jika perahu saat kosong bagian perahu yang tidak tenggelam adalah sebesar 3436,7069 N, Sedangkan jika berat perahu terisi maksimal bagian perahu yang tidak tenggelam adalah sebesar 984,2069 N. Titik berat penampang perahu terletak pada Z( Xo , Yo ) = Z( 1650 mm , 750 mm ).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Orianto, W.A Pratikto. 1984. Mekanika Fluida I. Surabaya. Robert J. Kodoatie. 2009. Hidrolika Terapan Aliran pada Saluran Terbuka dan Pipa. Yogyakarta.

Journal: Isa Rachman*), Lilik Subiyanto, Gaguk Suhardjito, and Arie Indartono. 2014. “Identifikasi Garis Stabilitas Melintang Kapal Melalui Percobaan Kemiringan Menggunakan Delphi Berbasis Arduino” . TRANSMISI 16 (3) 2014. 121-127.

Febriana Dian Krismawati, Ahmad Fauzan Zakki, Parlindungan Manik. “Perancangan Bangunan Apung Dan Keramba Dengan Sistem Modular Ponton Berbahan Ferosemen”. Jurnal Teknik Perkapalan - Vol. 4, No.3 Bulan 2014. 66-73.

Rujukan Elektronik: (https://ilmu-laoet.blogspot.com/2012/09/cara-menghitung-kapasitas-angkut-pontoon.html)

(http://nautikaperkapalan.blogspot.com/2016/07/stabilitas-kapal_24.html)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v4i1.1963

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.