ANALISA UJI KEKERASAN PADA POROS PROPELLER KAPAL JENIS STAINLESS STEEL 304 PASCA PENGELASAN DENGAN DUA JENIS ELEKTRODA NSN 308 DAN NC-39

Abdurahim Sidiq(1*), Ice Trianiza(2)

(1) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Pengelasan berperan penting didalam dunia industri, seperti transportasi, pertambangan, konstruksi dan perkapalan. Pengelasan juga bukan hanya sekedar untuk penyambung logam saja tetapi juga dipakai untuk penebalan pengelasan. Salah satu contohnya misalnya pengelasan penebalan pada poros kapal yang aus akibat faktor-faktor lainnya yang mengakibatkan keausan dibagian bantalan poros kapal. Maka dari itu diperlukan pengelasan penebalan dan pengujian kekerasan pada material menggunakan benda uji (spesimen). Metode pengujian kekerasan yang dipakai adalah pengujian vickers yang bertujuan untuk mencari perbedaan pengaruh media pendingin dan elektroda yang berbeda jenis. Kemudian bahan yang digunakan sebagai sampel adalah stainless steel 304 dari bekas poros kapal. Setelah melakukan penelitian didapatkan hasil yaitu nilai tanpa perlakuan 253.97 HV, elektroda NSN 308 pendingin udara 234.68 HV, elektroda NSN 308 pendingin air 253.72 HV, elektroda NC-39 L pendingin udara 215.58 HV, dan NC-39 L pendingin air 421.36 HV. Yang paling baik dalam meningkatkan kekerasan material adalah NC-39 L dengan media pendingin air dengan nilai rata rata 421.36 HV.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Penggunaan penebalan hardfacing (Davis, 1993)

Proses Pengukuran Kekerasan Dengan MetodeRockwell (B. J. M. Beumer, 1994)

Analisa Uji Kekerasan Pada Poros Baja St 60 Dengan Media Pendingin Yang Berbeda (Gusti Rusydi Furqon S, Muhammad Firman, Moch. Andi Sugeng)

Penelitian Kekerasan Permukaan Pada Bahan Stainless Steel 316L Yang Dikeraskan Dengan Alat Rf-Plasma Nitrocarburizing (Oleh U. Sudjadi , Tjipto Sujitno , Suprapto)

Analisis Perubahan Kekerasan Permukaan Baja (St. 42) Dengan Perlakuan Panas 800Âșc Menggunakan Metode Vickers Di Laboratorium Uji Bahan Politeknik Negeri Bali I (Ketut Rimpung)

Pengaruh Proses Perlakuan Panas Terhadap Kekerasan Dan Struktur Mikro Baja Aisi 310 (S Rochman Rochiem1 Hariyati Purwaningsih1 Edwin Setiawan Susanto)

Pengaruh Implantasi Ion Nitrogen Terhadap Kekerasan Baja Tahan Karat Tipe Ss 316L Yang Dideformasi Dingin (Nurfi Ahmadi)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v4i1.1962

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.