PERENCANAAN SISTEM MEKANIKAL ELEKTRIKAL DAN PLUMBING (MEP) PADA GEDUNG BERTINGKAT

Muhammad Marsudi(1*), Gusti Rusydi Furqon Syahrillah(2)

(1) Fakultas Teknik
(2) Fakultas Teknik
(*) Corresponding Author

Sari


Pembangunan suatu gedung dengan penggunaannya dimaksudkan untuk tempat kegiatan manusia sangatlah penting diperhatikan dari segi atau aspek keselamatan dan kenyamanan. Denga kata lain , kenyamanan dan keselamatan bagi pekerja/pegawai/karyawan  yang bekerja di suatu gedung harus benar-benar diperhitungkan sejak bangunan itu dibangun. Kenyaman dan keselamatan di dalam gedung terkait erat dengan faktor fasilitas atau sistem Mekanikal Elektrikal Plumbing (MEP) yang ada di gedung tersebut. Masih banyak orang yang belum memahami secara utuh tentang perencanaan sistem MEP yang benar. Dan berdasarkan pemikiran tersebut maka paper ini akan membahas perencanaan sistem MEP pada gedung perkantoran bertingkat dua, dengan maksud memberikan sedikit gambaran bagaimana perencanaan sistem MEP yang benar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rogelio Palomera-Arias, Rui Liu, Mechanical, Electrical and Plumbing Systems in Construction Management: A Literature Review of Existing MEP Textbooks. 122nd ASEE Annual Conference & Exposition, Seatle Washington, 2015

Suhardianto. 2016. Perancangan Sistem Plambing Instalasi Air Bersih dan Air Buangan pada Pembangunan Gedung Perkantoran Bertingkat Tujuh Lantai. Jurnal Teknik Mesin, Vol. 5(3).

Pan Ji, Jeffrey Parks, Marc A. Edwards, Amy Pruden. 2015. Impact of Water Chemistry, Pipe Material and Stagnation on the Building Plumbing Microbiome. PLOS ONE Journal/ doi.org/10.1371/journal.pone.

Laxmi C. Gupta, dan Samruddhi Thawari. 2016. Plumbing System in High Rise Building.International Journal for Innovative Research in Science & Technology, Volume 2 (11).

Semuel J. Kalukar, Hans Tumaliang, dan Maickel Tuegeh. 2015. Desain Instalasi Penerangan pada Bangunan Multi Fungsi. E-journal Teknik Elektro dan Komputer, Volume 4(3).

Feri Diana, dan Anita Hidayati, 2014. Analisa Perhitungan untuk Kebutuhan Penerangan di Bangunan Rig Raisis Berbasis Visual Basic. Kapal, Volume 11(1).

Nurul Jamala. 2017. The effect of building façade on natural lighting. AIP Conference Proceedings pp.18-31.

Wahyu Priatna, dan Ary Bachtiar Krishna Putra. 2016. Perencanaan Ulang Sistem Pengkondisian Udara Gedung Surabaya Suite Hotel di Surabaya.Jurnal TEKNIK ITS Vol. 5 No. 2.

Atthaillah, Iqbal, dan Saputra Situmeang. 2017. Simulasi Pencahayaan Alami untuk Gedung PS Arsitektur Universitas Malikussaleh. Jurnal Arsitektur, Volume 16 No. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v3i1.1392

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.