PERANCANGAN CHECKING FIXTURE UNTUK PENGECEKAN KOMPONEN GARNISH REAR DOOR SIDE PRODUK PT. XYZ

Aditya Nugraha(1*), Kristian Ismartaya(2), Muhammad Daffa Pahlevi Madewa(3), Yohanes Nugroho(4), Andhy Rinanto(5)

(1) Politeknik ATMI Surakarta
(2) Politeknik ATMI Surakarta
(3) Politeknik ATMI Surakarta
(4) Politeknik ATMI Surakarta
(5) Politeknik ATMI Surakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Checking Fixture merupakan alat bantu inspeksi pengecekan ukuran panjang, lebar, dan kontur radius dari komponen otomotif garnish rear door side. Proses pengecekan menggunakan alat ukur mistar dengan titik acuan pengukuran berada pada garis ukur diatas permukaan alat inspeksi yang dinamakan bansen. Pembuatan alat inspeksi diharapkan dapat menjawab kebutuhan PT.XYZ yang akan membuat produksi massal komponen garnish rear door side untuk mobil A berjenis low SUV. Metode penelitian yang digunakan adalah metode VDI (Verein Deutsche Inginieuer) 2222. Metode VDI 2222 merupakan metode pendekatan sistematik terhadap desain untuk merumuskan metode desain yang berkembang oleh kegiatan riset. Langkah umum yang dilakukan dalam merancang suatu desain menggunakan metode VDI 2222 adalah merencana, mengkonsep, merancang, dan penyelesaian. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan rancangan alat inspeksi yang dapat mengukur panjang, lebar, dan kontur radius produk garnish rear door side dengan cycle time pemasangan produk adalah 71,35 detik serta efisiensi sebesar 29%.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


H. Atmaja, dan D. S. Arief. (2019). Jom FTEKNIK Volume 6 Edisi 1 Januari s/d Juni 2019, 1-6.

G. Pahl, W. Beitz, J. Feldhusen, dan K. H. Grote. (2007). Engineering Design: A Systematic Approach. London: Springer.

A. Firdhaus, dan D. T. Santoso. (2022). Analisis Design For Assembly Dinding Mesin Power Thresher. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Vol. 10, No.2 Agustus 2022, 79-84.

Kurnianto, R. Rahmat, A. Wibowo, dan T. Prakosa. (2015). Penerapan Metoda Design for Manufacture and Assembly pada Handle Transformer Hand Bike. Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XIV (SNTTMXIV).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v9i1.13111

Refbacks



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.