TREND PENELITIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UNISKA MAB (2018-2021): KAJIAN PUBLIKASI ILMIAH

Antoni Pardede(1*), Rr. Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(2), Viony Febriyanti(3), Rahmah Rahmah(4), M. Syahriza Finata(5), Miftahul Huda(6), Mardan Mardan(7), Elma Yulida(8), Chandra Halim(9)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Kalimantan MAB
(4) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Kalimantan MAB
(5) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Kalimantan MAB
(6) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Kalimantan MAB
(7) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Kalimantan MAB
(8) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Kalimantan MAB
(9) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Abstract


Scientific publications are the estuary of research conducted by researchers and are becoming a wealth source of research information. The thesis published from 2018 to 2021 was reviewed to determine the trend of thesis research for the chemistry education department at Uniska MAB, using an analysis of the type, design, subject, object, processing, and analysis of the research data used. Based on the analysis, the trend of thesis research (2018 - 2021) was (1) 50% of quantitative research types, (2) 30% of the research design was non-equivalent control group design (quasi-experimental), (3) the selected research subjects were high school students/equivalent grade XI, (4) 30% of research data was collected through test questions, (5) the data analysis was explained by statistical techniques, (6) the chosen research object was to measure student learning outcomes. The six points have identified guidelines and references that have become research trends in the past 4 years in the chemistry education department at Uniska MAB and can be used to develop research themes for advanced research studies in chemistry education.


References


Abdullah, M. (2015). Buku Metode Penelitian Kuantitatif Katalog dalam terbitan (KDT). Aswaja Pressindo: Yogyakarta.

Ana, S.L., dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Pada Materi Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Wanaraya. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2 (2), 36-41.

Ani, S.L., dkk. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended Menggunakan Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X di SMAN 01 Wanaraya. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 3 (2), 62-67.

Aryani. S, dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Peer Assesment Melalui Model Team Assisted Individualzation (TAI) Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 9 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (2), 34-39.

Aslamiah, S., dkk. (2020). Perbandingan Problem Based Learning (PBL) dengan Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Menggunakan Media Permainan SOS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 3 (2), 45-51.

Depani, E.N., dkk. (2020). Pengaruh Peer Assesment Menggunakan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi di SMAN 1 Alalak. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 3 (1), 26-31.

Ginayah, L.U., dkk. (2018). Pengaruh Media Teka-Teki Silang (TTS) Kimia 3D Terhadap Kemampuan Kreatif Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (2), 14-19.

Halita, dkk. (2021). Pengembangan Media Chem Puzzle Pada Materi Tata Nama Senyawa Kelas X di SMAN 1 Alalak. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia,4(2),1-11.

Hermawan, D., dkk. (2020). Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri Pada Pembelajaran Kimia Tentang Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 3 (1), 11-13.

Islamiah, N., dkk. (2020). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Induktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Di SMAN 1 Sungai Tabuk. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 3 (2), 29-34.

Karina, dkk. (2018). Pengaruh Media Permainan Kotak Katik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X SMA Negeri 1 Alalak. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (2), 6-13.

Karolina. H., dkk. (2018). Pengembangan Kartu Remi Kimia Menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI SMA Korpri Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (1), 23-29.

Khairiyah, R.S., dkk. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Induktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2 (1), 11-15.

Khairunnisa, U., dkk. (2019). Pengembangan Media Wheels Question Pada Materi Sistem Koloid untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2 (1), 22-27.

Lusiyana, dkk. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Materi Tata Nama Senyawa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Kota Banjarbaru. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2 (2), 15-21.

Mahmudah, S., dkk. (2019). Komparasi Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Teams-Games Tournament dan Team-Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Ajar Tata Nama Senyawa Kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2 (1), 16-21.

Marlinasari, dkk. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Minat Belajar Kimia Siswa Pada Materi Koloid Di Kelas XI MIA MAN 1 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (1), 30-33.

Maryono, dan Junandi. S. (2012). Tren Impact Factor, Produktivitas, dan Kolaborasi Dalam Indonesian Journal Of Chemistry. IPTEK-KOM. 14 (2), 115-132.

Maziah, dkk. (2019). Studi Komparasi Model Pembelajaran Talking Stick dan Snowball Trhowing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa Kelas X SMA Negeri 1 Alalak. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2 (1), 6-10.

Mujahidin. E., dan Martanegara. I.H. (2020). Tren Penelitian Pendidikan Sains-Agama Indonesia. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. 9 (2), 301-313.

Mulyatiningsih, E. (2014). Buku Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan Cetakan 3. Alfabeta: Bandung.

Munawarah, dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas XI Materi Hidrolisis Garam Di SMA Negeri 1 Alalak. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (2), 20-28.

Norhalidah, dkk. (2019). Pengaruh Media Flipbook Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2 (2), 22-25.

Novianti, dkk. (2018). Pengaruh Media Dart Board Terhadap Minat Belajar Kimia Siswa Pada Materi Koloid Di Kelas XI SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (2), 29-33.

Nurimah, S., dkk. (2021). Pengembangan Media Chem Dice Pada Materi Tata Nama Senyawa Di MAN 1 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 4 (1), 45-57.

Pertiwi, P., dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Box Question Pada Materi Sistem Koloid di MA Siti Mariam Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2 (2), 26-35.

Rahayu. S. (2012). Penelitian Pendidikan Kimia: Trend Global. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNESA. 2-11.

Rahma. Y., dkk. (2019). Implementasi Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Tata Nama Senyawa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2 (1), 28-37.

Rahman. G., Nurfajriani, dan Jahro. I.S. (2020). Tren Penelitian Pendidikan Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Kimia Berwawasan Lingkungan 2020 Jurusan Kimia FMIPA UNMUL. 31-37

Retnaningsih. D. (2019). Tantangan dan Strategi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. 23-30.

Rosalina, S.D., dkk. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Buku Kimia Berbasis Pop Up Pada Materi Minyak Bumi sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik Kelas X SMAN 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (1), 34-40.

Saleha, A., dkk. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Senyawa Pada Materi Tata Nama Senyawa Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Alalak. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2 (1), 1-5.

Sari. S.A.N., dkk. (2018). Analisis Keefektifan Strategi Pembelajaran True or False dan Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 1 Alalak. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (1), 1-10.

Subroto. A.D., dkk. (2018). Implementasi Permainan Tradisional Berbasis Budaya Lokal Pada Materi Pokok Koloid untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (1), 11-15.

Sukarsih. N.K.A., dkk. (2018). Pengembangan Kartu Remi Kimia Menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI SMA Korpri Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (1), 16-22.

Vebrianto. R. (2018). Trend Tema Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Kimia FTK UIN SUSKA Riau (2006-2017): Sebuah Kajian Kasus. JNSI: Journal of Natural Science and Integration. 1 (1), 1-10.

Wulandari. I.A., dkk. (2018). Pengaruh Media Kotak Kartu Misterius (KOKAMI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (2), 1-5.

Zainab, dkk. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolisis Garam di MAN 1 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 4 (2), 64-75.

Zairida, D., dkk. (2019). Pengembangan Media PAKAPINDO (Papan Kantong Pintar Doraemon) Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X di MA Raudhatusysyubban. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2 (2), 6-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ajst.v8i1.9119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Antoni Pardede, Rr. Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani, Viony Febriyanti, Rahmah Rahmah, M. Syahriza Finata, Miftahul Huda, Mardan Mardan, Elma Yulida, Chandra Halim

E-ISSN  2477- 4731

Al Ulum: Jurnal Sains dan teknologi = Al Ulum: Jurnal Science and Technology by Islamic University of Kalimantan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JST.