Sistem Pencarian Lokasi dan Rute Terdekat Menggunakan Metode Haversine Formula Pada Aplikasi Donatur Pakaian Berbasis Android

Silvia Kartika(1*), Suendri Suendri(2), Raissa Amanda Putri(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Donasi tidak hanya berbentuk nominal tetapi juga dapat berupa barang bekas layak pakai misalnya pakaian. Saat ini belum ada wadah untuk menaungi para donatur untuk mendonasikan pakaian atau para penggalang donasi yang sedang mencari pakaian. Proses penggalangan donasi juga masih terbilang manual karena harus menyebarkan brosur, berkomunikasi lewat pesan, lalu menentukan tempat dan waktu pengambilan. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya informasi terkait penggalangan donasi, waktu yang tidak cocok, serta jarak yang jauh. Dengan mengimplementasikan metode haversine formula sehingga sistem ini dapat menentukan jarak dan rute terdekat dari lokasi penggalang ke lokasi donatur. Sistem ini berbasis android, dibuat menggunakan openstreetmap, kodular, dan basis data MySQL. Tujuan aplikasi ini adalah sebagai wadah yang menghubungkan antara donatur dan penggalang donasi serta membantu agar proses penggalangan donasi lebih efektif dan efisien.


Keywords


Donasi; Aplikasi Android; Haversine Formula

References


Amalia, H. (2017) ‘Sistem Informasi Pengolahan Dana Donasi’, Jurnal Perspektif, 15(1), Pp. 1–6.

Irawan, M. D. And Simargolang, S. A. (2018) ‘Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika’, Jurnal Teknologi Informasi, 2(1), P. 67.

Khairina, D. M., Ramadhinata, F. W. And Hatta, H. R. (2017) ‘Pencarian Lokasi Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Terdekat Menggunakan Haversine Formula (Studi Kasus Kota Samarinda’, Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri, Pp. 1–5.

Kurniawan, A., Suendri And Triase (2019) ‘Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Panti Asuhan Di Kota Medan’, Jistech (Journal Of Islamic Science And Technology), 3(2), Pp. 118–126.

Maharani, S. And Nalarwati, A. T. (2017) ‘Sistem Informasi Geografi (Sig) Pencarian Atm Bank Kaltim Terdekat Dengan Geolocation Dan Haversine Formula Berbasis Web’, Jurnal Infotel, 9(1), Pp. 1–8.

Putra, R. H. D., Sujiani, H. And Safriadi, N. (2015) ‘Penerapan Metode Haversine Formula Pada Sistem Informasi Geografis Pengukuran Luas Tanah’, Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 10(2), Pp. 1262–1270.

Putri, R. A. And Syafina, L. (2018) ‘Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Desktop Dengan Metode Stradis’, Jurnal Algoritma, 3(1), Pp. 21–30.

Samsudin, Irawan, M. D. And Harahap, A. H. (2019) ‘Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate Cc’, Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), P. 141.

Santoso, M. (2020) ‘Strategi Komunikasi Persuasif Yayasan Karya Salemba Empat Dalam Rekrutment Donatur Beasiswa’. Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

Setiawan, M. H. (2020) ‘Sistem Pencarian Wisata Bima Berbasis Android Menggunakan Metode Haversine Formula’. STMIK AKAKOM Yogyakarta.

Suendri, S. (2019) ‘Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan)’, Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2(2), p. 1.

Yuliyanti, Y. (2018) ‘Sistem Informasi Pengelolaan Anak Asuh Dan Donasi Di Panti Asuhan Muhammadiyah Sumur Bandung Berbasis Web’. Universitas Komputer Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ajst.v7i1.5678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AL ULUM JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI

E-ISSN  2477- 4731

Al Ulum: Jurnal Sains dan teknologi = Al Ulum: Jurnal Science and Technology by Islamic University of Kalimantan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JST.