SISTEM INFORMASI PERSEDIAN STOK BAHAN BAKU TOKO KOPI DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Muhammad Gilvy Langgawan Putra(1*)

(1) Institut Teknologi Kalimantan
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan penjualan produk olahan kangkung di daerah Kampung Kangkung Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah. dilaksanakan oleh masyarakat Kampung Kangkung Sumber Rejo. Penjualan produk olahan kangkung saat ini masih secara konvensional dengan menawarkan ke toko-toko sekitar Kampung Kangkung Sumber Rejo dan pasar tradisional daerah Balikapapan. Proses penjualan produk olahan kangkung masih cukup terbatas di daerah Balikpapan. Masyarakat Balikapapan masih kurang mengetahui keberadaan Kampung Kangkung Sumber Rejo  sehingga  masih belum cukup luas cakupan pemasaran produk olahan Kangkung. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan perancangan sebuah website penjualan produk olahan kangkung untuk Kampung Kangkung Sumber Rejo dengan nama SIKANGBEJO dengan menggunkan metode waterfall. Pengembambangan website ini menggunggunakan metode waterfall, yang terdiri dari enam aktifitas, yaitu requirement definition, system and software design, implementation and unit testing, integration and system testing, dan operation and maintenance. Pada penelitian ini menghasil 28 kebutuhan fungsional, 8 kebutuhan non-fungsional dan 3 Kebutuhan informasi, dan juga ada tiga aktor yaitu admin, user, dan pengguna umum yang memliliki peran sesuai dengan kebutuhan masing-masing aktor.pada hasil pengujian menggunakan Teknik blackbox dan white box testing yang mana 8 pengujian dengan hasil valid dan sesuai yang diharapkan.

Keywords


Bahan Baku, Metode Waterfall, Persediaan, Puan kopi, Sistem Informasi

References


Andika, D., 2016. IT-JURNAL.com. [Online] Available at: https://www.it jurnal.com/pengertian-rekayasa perangkat-lunak/ [Accessed 30 Desember 2020].

Anggraeni, E. Y. & Irviani, R., 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Anwar, A. S. &. K., 2018. Penerapan E-Supply Chain Management Dalam Upaya Peningkatan Produktifitas dan Pemasaran Produk pada Industri Rumah Tangga dalam Persaingan di Era Teknologi Informasi. Jurnal Teknologi dan Sistem Informas, Volume 4, pp. 185-190.

Batubara, F. A., 2012. Perancangan Website Pada PT. Ratu Enim Palembang. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terapan, 7(1), p. 17.

Dr. Ratna Wardani, S. M., 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Tim UNY.

Haviluddin, 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modellin Language). Jurnal Informatika Mulawarman, 6(1).

Mumtahana, D. Y. K. &. H. A., 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Barang dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Berbasis Dekstop Dengan Menggunakan Java Netbeans 8.2 pada Wijaya Celluler. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, p. 229.

Nia Kumaladewi, M. C. U. I. A., 2015. Rancang Bangun Sistem Infromasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku dan Hasil Produksi Pada PT. Gemilang Sinergitama Mandiri. Jurnal Sistem Informasi, 8(2), p. 4.

Saputra, A., 2012. Manajemen Basis Data MySQL Pada Situs FTP Lapan Bandung. Berita Dirgantara, 13(4), pp. 155-157.

Suhartanto, M., 2012. Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(1), p. 2.

Sulistyorini, P., 2009. Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIV(1), pp. 23-24.

Tuerah, M. C., 2014. ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU IKAN TUNA PADA CV. GOLDEN KK. Jurnal EMBA, 2(4), p. 526.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ajst.v7i1.4190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AL ULUM JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI

E-ISSN  2477- 4731

Al Ulum: Jurnal Sains dan teknologi = Al Ulum: Jurnal Science and Technology by Islamic University of Kalimantan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JST.