MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH 8 BANJARMASIN

Latifah Latifah(1*), Nelly Mariati(2)

(1) Akademi Kebidanan Yapkesbi Banjarbaru1
(2) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. karena penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif maka hasil data akan difokuskan berupa pertanyaan berupa deskriptif dan tidak mengkaji suatu hipotesa serta tidak mengkorelasi variabel. Keberadaan peneliti dalam penelitian kualitatif menonjolkan kapasitas jiwa raga dalam mengamati, bertanya, melakukan penelitian dan mengabstraksi. Hal ini lebih dipertegas lagi oleh Nasution bahwa peneliti merupakan peneliti utama. Jadi dalam penelitian ini, peneliti terjun sendiri secara langsung untuk mengadakan pengamatan atau wawancara dan terlibat langsung dalam obyek atau subyek penelitian. Disini peneliti juga akan menggambarkan penerapan-penerapan hukuman yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin untuk meningkatkan disiplin santri dalam segala aspek berupa tata tertib kegiatan-kegiatan wajib yang harus diikuti oleh santri dalam menanamkan pendidikan karakter.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Wibowo. 2013. Manajemen Pendidikan

Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik

Implementasi). (Cetakan Pertama Februari,

Diterbitkan oleh: Pustaka Pelajar,

Yogyakarta).

Alexandar Ramadoss & Gopalsamy Poyya Moli,

Biodiversity Conservation through

Environmental Education for Sustainable

Development A Case Study from

Puducherry, India. International Electronic

Journal of

Aziza Meria, 2012. Pendidikan Islam di Era

Globalisasi dalam Membangun Karakter

Bangsa. (Jurnal Al Ta’lim Jilid 1 Nomor 1

Februari 2012), 87

Budi Sri Hastuti, Pendidikan Untuk

Pengembangan Berkelanjutan (Education

for Sustainable Development) dalam

Perspektif PNFI Implementasi EFSD pada

program PNFI. Andragogia - Jurnal PNFI /

Volume 1 / No 1 - Nopember 2009. 46-47

Dwiyanto Joko Pranowo, Implementasi

Pendidikan Karakter Kepedulian dan Kerja

Sama pada Mata Kuliah Keterampilan

Berbicara Bahasa Prancis dengan Metode

Bermain Peran, Jurnal Pendidikan

Karakter, Tahun III, Nomor 2, Juni 2013,

Hairuddin, Pendidikan Karakter Berbasis Sunnah

Nabi. (Jurnal Al Ulum, Jurnal Studi Islam

IAIN GorontaloVolume 13 Nomor 1 Tahun

, ISSN: 1412-0534), 168

Imam Syafi’I, Pendidikan Karakter: Sebuah

Pemikiran Syaikh Az-Zarnujy dalam

Penerapan Kurikulum 2013. Volume 5,

Nomor 1, Januari 2014, 9

Luk Luk Nur Mufidah. Pemikiran Gus Dur

Tentang Pendidikan Karakter dan Kearifan

Lokal. Al Tahrir, Vol. 15, No. 1 Mei 2015:

-100, hlm. 94

Muh Musafa’, Kurikulum Pendidikan Agama

Islam Berwawasan Lingkungan Hidup

(Skripsi), (Yogyakarta: IAIN Sunan

Kalijaga, 2003), 91

Muhaimin, 2009. Rekonstruksi

Pendidikan Islam (Dari

Paradigma Pengembangan, Manajemen

Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi

Pembelajaran). (Jakarta: Rajawali Press,

ISBN: 978-979-769-260-5), 127

Nur Ainiyah, Pembentukan Karakter Melalui

Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum

(Jurnal Studi-Studi Islam) IAIN Gorontalo,

ISSN 1412-0534. Volume. 13 Nomor 1,

Juni 2013, 28

Ngalimun dan Yusuf Rohmadi. 2021. Harun

Nasution: sebuah pemikiran pendidikan

dan relevansinya dengan dunia

pendidikan kontemporer. Jurnal

Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial. eISSN:

-2928. Volume 3. Nomor 2

September 2021.

https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/terapung/article/vie

w/6016

Patimah. Pendidikan Karakter Melalui Program

Ekstrakurikuler. Pembinaan Pendidikan

Karakter Sekolah Menengah Pertama,

Bagian IV Pendidikan Karakter Melalui

Ekstrakurikuler, BAB I Pengertian

Pendidikan Karakter Melalui

Ekstrakurikuler. Publish: 18-10-2011,

:12:06. 1

Rifqi Afandi, Intergrasi Pendidikan Karakter

Dalam Pembelajaran IPS disekolah

Dasar.(Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan Universitas Muhammadiyah

Sidoarjo). PEDAGOGIA, Vol. 1, No. 1,

Desember 2011.88

Zainuddin, Paradigma Pendidikan Terpadu;

Menyiapkan Generasi Ulul Albab,

(Malang: UIN Malang Press, 2010), h. 81-

dalam Rakhmawati. Pendidikan

Karakter Perspektif Pendidikan Islam.

Jurnal Al-Ulum (Jurnal Studi-Studi Islam)

IAIN Gorontalo Pendidikan Karakter

Perspektif Pendidikan Islam. ISSN 1412-

Volume. 13 Nomor 1, Juni 2013,




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6327

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.