KOMPETENSI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMP NURUL IHSAN BANJARAN KABUPATEN SUBANG JAWA BARAT
(1) UNINUS
(2) UNINUS
(3) UNINUS
(*) Corresponding Author
Sari
Latar belakang penelitian ini berupa fenomena kepala sekolah yang belum memberikan perhatian khusus dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kemampuan kepala sekolah yang masih rendah dalam melaksanakan peran kepemimpinannya terutama dalam meningkatkan motivasi kerja tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perencanaan kompetensi manajemen; (2) pelaksanaan kompetensi manajemen; (3) dan evaluasi kompetensi manajemen kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran Kabupaten Subang dalam meningkatkan profesionalisme guru. Manfaat penelitian terdiri dari manfaat teoritis dan praktis. Secara teoritis mendapatkan khasanah ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan khususnya manajemen pendidikan bidang kepemimpinan pendidikan dan profesionalisme guru sedangkan manfaat secara praktis bermanfaat bagi guru, siswa dan lembaga. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan penelitian diskriptif kualitatif. Subyeknya yaitu kepala sekolah. Adapun informannya yakni wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Data yang terkumpul dilakukan pemeriksaan keabsahan data, menggunakan triangulasi, dengan verifikasi dan pengecekan mengenai kecukupan referensi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kompetensi manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran Kabupaten Subang meliputi: (a) Perencanaan berdasarkan visi, misi, tujuan sekolah, dan kebutuhan (need assesment); (b) Melibatkan seluruh unsur civitas akademika sekolah; (c) Melakukan rekrutmen guru GTT baru dan melakukan analisis jabatan pekerjaan; (d) dilakukan dalam rapat kerja. (2) Pelaksanaan kompetensi manajemen dalam meningkatkan profesionalisme guru yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran Cibogo Kabupaten Subang meliputi: (a) Mengikutkan dalam diklat, seminar, maupun workshop; (b) Studi lanjut; (c) Revitalisasi MGMP; (d) Membentuk forum silaturrahim antar guru; (e) Meningkatkan kesejahteraan guru; (f) Penambahan fasilitas penunjang; (g) Mengoptimalkan bimbingan konseling; (h) Studi banding ke sekolah lain, dan (i) sertifikasi guru. Sedangkan (3) evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran Cibogo Kabupaten Subang meliputi: (a) melakukan supervisi, baik secara personal maupun kelompok; (b) Teknik yang digunakan adalah secara langsung (directive) dan tidak langsung (non direcvtive); (c) Aspek penilaian dalam supervisi adalah presensi guru, kinerja guru di sekolah, perkembangan siswa, RPP, dan silabus.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anwar. 2013. Administrasi Pendidikan Dan Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Arifin. 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara
Arifin, Zainal Toha. 2001. Evaluasi Instruksional, Prinsip Teknik Prosedur, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
___________. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Bogdan dan Biklen. 1982. Qualitative Research for Educational to theory and methods. London; Allyn and Bacon. Inc.
Burhanudin. 1994. Analisis Administrasi, Mmanajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Chabib, M. Thoha. 1991. Tekhnik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Chomzanah, Nunung dan Ating Tedjasutisna. 1994. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Penerbit Armico
Danim, Sudarwan. 2006. Visi Baru Manajemen, Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara
__________. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan, Transformasional Kekepala Sekolahan, Jakarta: Rineka Cipta
Dimeck. 1954. The Executive in Action. New York: Harpen and Bross
Effendy, Mochtar. 1986. Manajemen: Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta: PT Bhatara Karya Aksa
H. A. R. Tilaar. 2002. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Persepektif Abad 21. Magelang: Indonesia Tera
Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hasibuan, Malayu S P. 2001. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara
Hutapea dan Thoha. 2008. Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus dan Penerapan Untuk HR dan Organisasi yang Dinamis, Jakarta: PT. Gramedia Utama
Ismuha. 2016. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo
Lazaruth, Soewadji. 1984. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta:Rajawali Pers.
Moleong, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Revaja Rosdakarya
Muhson, Ali. 2004. Meningkatkan Profesionalisme Guru, Dalam Jurnal Ekonomi Dan Pendiidkan,Vol.2,No.1.
Mulyasa. 2003. Menjadi Kepada Sekolah Profesional, dalam konteks Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosda karya
Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep,Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
___________.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya
___________. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (PT. Remaja Rosda Karya: Bandung
___________. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Namsa, Yunus. 2006. Kiprah Baru Profesi Guru Indonsia Wawasan Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Pustaka Mapan
Nasution. 1996. Metode Penelitian Kualitatif naturalistik, Jakarta: Sinar Grafika
Nawawi, Hadari. 1983. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Gunung Agung
Nurussalami. 2015. Kompetensi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Dalam Jurnal Ilmiah CIRCUIT,Vol.1,No.4.
Pidarta, Made. 1988. Manajemen pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara
Priansa dan Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta
Purwanto, Ngalim. 1998. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Rahmi, Sri. 2014. Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi. Jakarta: Mitra Wacana Media
Robbins. 2003. Perilaku Organisasi, Jakarta: Gramedia
Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Prenadamedia
Sabri, Alisuf. 1992. Mimbar Agama dan Budaya, (Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat IAIN
Sadirman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo
Saefullah. 2016. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. Vol.4, No.3 . Kompetensi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru Pada Sman 2 Pulo Aceh Besar: Banda Aceh.
Saksono, Slamet. 1997. Administrasi Kepegawaian. Yogyakarta: Kanisius
Saidi, Mas’ud. 2007. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Jakarta: Salemba Empat
Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung: CV. Mandar
Siagian, Sondang P. 1992. Fungsi-Fungsi Manajemen. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara
Silalahi, Ulbert. 2002. Studi tentang Ilmu Administrasi: Konsep, Teori, dan Dimensi. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Soetjipto dan Raflis Kosasi, 2004. Profesi Keguruan, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 1998. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sumidjo, Wahjo, 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Suryabrata. 1987. Metodologi Penelitian, Jakarta: Rajawali Press
Sutisna, Oteng. 1983. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktek dan Profesional. Bandung: Angkasa
Sutopo, Hendyat. 1999. Administrasi, Manajemen dan Organisasi. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya
__________. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya
Syaifudin, Udin Sa’ud. 2007. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Tanthowi, Jawahir. 1983. Unsur-unsur Manajemen Menurut Ajaran Al-Qur'an. Jakarta: Pustaka al-Husna
Taylor, Fridreck W. 1974. Scientific: Management. New York : Happer and Breos
Uchjana, Onong Efendy. 1993. Human Relation dan Public Relation. Bandung: Mandar Maju
Usman, Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Uwes, Sanusi. 1999. Manajemen Pengembangan Mutu Dosen. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu
Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja, Jakarta: Raja Grafindo
Wursanto. 1988. Manajemen Kepegawaian 2. Yogyakarta: Kanisius
Yamin, Martinis. 2007. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press
Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Permendikbud Nomor 16/Permendikbud/2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Sudrajat, Akhmad. 2008. Kemampuan Manajemen Kepala Sekolah. http://andalas-comunity.blogspot.com/2008/06/kemampuan-manajemenkepala sekolah.html, diakses 01/09/20
Roen, Ferry. 2011. Teori dan Perilaku Organisasi (online). Tersedia : http://perilakuorganisasi.com/ ( 4 Februari 2021)
Departemen Agama Republik Indonesia .2010. Qur’an Kemenag (online). Tesedia: https://quran.kemenag.go.id/ ( 4 Februari 2021)
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v1i2.5133
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.