KOMPETENSI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMP NURUL IHSAN BANJARAN KABUPATEN SUBANG JAWA BARAT

Badru Sohim, Syah Syah, Hanafiah Hanafiah

Sari


Latar belakang penelitian ini berupa fenomena kepala sekolah yang belum memberikan perhatian khusus dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kemampuan kepala sekolah yang masih rendah dalam melaksanakan peran kepemimpinannya terutama dalam meningkatkan motivasi kerja tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perencanaan kompetensi manajemen; (2) pelaksanaan kompetensi manajemen; (3) dan evaluasi kompetensi manajemen kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran  Kabupaten Subang dalam meningkatkan profesionalisme guru. Manfaat penelitian terdiri dari manfaat teoritis dan praktis. Secara teoritis mendapatkan khasanah ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan khususnya manajemen pendidikan bidang kepemimpinan pendidikan dan profesionalisme guru sedangkan manfaat secara praktis bermanfaat bagi guru, siswa dan lembaga. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan penelitian diskriptif kualitatif. Subyeknya yaitu kepala sekolah. Adapun informannya yakni wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Data yang terkumpul dilakukan pemeriksaan keabsahan data, menggunakan triangulasi, dengan verifikasi dan pengecekan mengenai kecukupan referensi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kompetensi manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran  Kabupaten Subang meliputi: (a) Perencanaan berdasarkan visi, misi, tujuan sekolah, dan kebutuhan (need assesment); (b) Melibatkan seluruh unsur civitas akademika sekolah; (c) Melakukan rekrutmen guru GTT baru dan melakukan analisis jabatan pekerjaan; (d) dilakukan dalam rapat kerja. (2) Pelaksanaan kompetensi manajemen dalam meningkatkan profesionalisme guru yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran  Cibogo Kabupaten Subang meliputi: (a) Mengikutkan dalam diklat, seminar, maupun workshop; (b) Studi lanjut; (c) Revitalisasi MGMP; (d) Membentuk forum silaturrahim antar guru; (e) Meningkatkan kesejahteraan guru; (f) Penambahan fasilitas penunjang; (g) Mengoptimalkan bimbingan konseling; (h) Studi banding ke sekolah lain, dan (i) sertifikasi guru. Sedangkan (3) evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Nurul Ihsan Banjaran  Cibogo Kabupaten Subang meliputi: (a) melakukan supervisi, baik secara personal maupun kelompok; (b) Teknik yang digunakan adalah secara langsung (directive) dan tidak langsung (non direcvtive); (c) Aspek penilaian dalam supervisi adalah presensi guru, kinerja guru di sekolah, perkembangan siswa, RPP, dan silabus.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar. 2013. Administrasi Pendidikan Dan Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arifin. 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara

Arifin, Zainal Toha. 2001. Evaluasi Instruksional, Prinsip Teknik Prosedur, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

___________. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Bogdan dan Biklen. 1982. Qualitative Research for Educational to theory and methods. London; Allyn and Bacon. Inc.

Burhanudin. 1994. Analisis Administrasi, Mmanajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Chabib, M. Thoha. 1991. Tekhnik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Chomzanah, Nunung dan Ating Tedjasutisna. 1994. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Penerbit Armico

Danim, Sudarwan. 2006. Visi Baru Manajemen, Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara

__________. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan, Transformasional Kekepala Sekolahan, Jakarta: Rineka Cipta

Dimeck. 1954. The Executive in Action. New York: Harpen and Bross

Effendy, Mochtar. 1986. Manajemen: Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta: PT Bhatara Karya Aksa

H. A. R. Tilaar. 2002. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Persepektif Abad 21. Magelang: Indonesia Tera

Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu S P. 2001. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Hutapea dan Thoha. 2008. Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus dan Penerapan Untuk HR dan Organisasi yang Dinamis, Jakarta: PT. Gramedia Utama

Ismuha. 2016. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo

Lazaruth, Soewadji. 1984. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta:Rajawali Pers.

Moleong, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Revaja Rosdakarya

Muhson, Ali. 2004. Meningkatkan Profesionalisme Guru, Dalam Jurnal Ekonomi Dan Pendiidkan,Vol.2,No.1.

Mulyasa. 2003. Menjadi Kepada Sekolah Profesional, dalam konteks Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep,Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

___________.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya

___________. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (PT. Remaja Rosda Karya: Bandung

___________. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Namsa, Yunus. 2006. Kiprah Baru Profesi Guru Indonsia Wawasan Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Pustaka Mapan

Nasution. 1996. Metode Penelitian Kualitatif naturalistik, Jakarta: Sinar Grafika

Nawawi, Hadari. 1983. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Gunung Agung

Nurussalami. 2015. Kompetensi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Dalam Jurnal Ilmiah CIRCUIT,Vol.1,No.4.

Pidarta, Made. 1988. Manajemen pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara

Priansa dan Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta

Purwanto, Ngalim. 1998. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Rahmi, Sri. 2014. Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi. Jakarta: Mitra Wacana Media

Robbins. 2003. Perilaku Organisasi, Jakarta: Gramedia

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Prenadamedia

Sabri, Alisuf. 1992. Mimbar Agama dan Budaya, (Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat IAIN

Sadirman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo

Saefullah. 2016. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. Vol.4, No.3 . Kompetensi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru Pada Sman 2 Pulo Aceh Besar: Banda Aceh.

Saksono, Slamet. 1997. Administrasi Kepegawaian. Yogyakarta: Kanisius

Saidi, Mas’ud. 2007. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Jakarta: Salemba Empat

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung: CV. Mandar

Siagian, Sondang P. 1992. Fungsi-Fungsi Manajemen. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Silalahi, Ulbert. 2002. Studi tentang Ilmu Administrasi: Konsep, Teori, dan Dimensi. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Soetjipto dan Raflis Kosasi, 2004. Profesi Keguruan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 1998. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sumidjo, Wahjo, 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suryabrata. 1987. Metodologi Penelitian, Jakarta: Rajawali Press

Sutisna, Oteng. 1983. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktek dan Profesional. Bandung: Angkasa

Sutopo, Hendyat. 1999. Administrasi, Manajemen dan Organisasi. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara

Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya

__________. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya

Syaifudin, Udin Sa’ud. 2007. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Tanthowi, Jawahir. 1983. Unsur-unsur Manajemen Menurut Ajaran Al-Qur'an. Jakarta: Pustaka al-Husna

Taylor, Fridreck W. 1974. Scientific: Management. New York : Happer and Breos

Uchjana, Onong Efendy. 1993. Human Relation dan Public Relation. Bandung: Mandar Maju

Usman, Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Uwes, Sanusi. 1999. Manajemen Pengembangan Mutu Dosen. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja, Jakarta: Raja Grafindo

Wursanto. 1988. Manajemen Kepegawaian 2. Yogyakarta: Kanisius

Yamin, Martinis. 2007. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press

Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Permendikbud Nomor 16/Permendikbud/2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Sudrajat, Akhmad. 2008. Kemampuan Manajemen Kepala Sekolah. http://andalas-comunity.blogspot.com/2008/06/kemampuan-manajemenkepala sekolah.html, diakses 01/09/20

Roen, Ferry. 2011. Teori dan Perilaku Organisasi (online). Tersedia : http://perilakuorganisasi.com/ ( 4 Februari 2021)

Departemen Agama Republik Indonesia .2010. Qur’an Kemenag (online). Tesedia: https://quran.kemenag.go.id/ ( 4 Februari 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v1i2.5133

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.