OPTIMISASI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: STRATEGI UNGGUL DALAM PROGRAM MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Ahmad habibi(1*), Husnul Madihah(2)

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling UNISKA MAB.
(2) Magister Administrasi Pendidikan
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang efektif dalam mengoptimalkan kepemimpinan pendidikan di dalam Program Magister Administrasi Pendidikan. Melibatkan pendekatan penelitian kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi praktik kepemimpinan yang berhasil dan tantangan yang dihadapi dalam konteks program studi tersebut. Metode penelitian mencakup wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen untuk memahami dinamika peran kepemimpinan dalam memajukan mutu dan keberlanjutan program. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan strategi kepemimpinan yang lebih efektif dalam mendukung kesuksesan Program Magister Administrasi Pendidikan. Hasilnya juga diharapkan dapat menjadi kontribusi signifikan dalam konteks pengembangan dan pembaruan kurikulum serta praktik manajemen pendidikan di tingkat magister.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bass, B. M. (1985). Leadership and Performance Beyond Expectations. Free Press.

Hersey, P., & Blanchard, K. H. (1969). Life Cycle Theory of Leadership. Training

and Development Journal, 23(5), 26–34.

Ciulla, J. B. (1995). Leadership Ethics: Mapping the Territory. Business Ethics

Quarterly, 5(1), 5–28.

Suprapto. (2006). Kearifan Lokal dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Jurnal

Ilmu Pendidikan, 13(1), 1–12.

Al-Attas, S. M. N. (1978). Islâm and Secularism. Muslim Youth Movement of

Malaysia.

Lewin, K. (1951). Field Theory in Social Science: Selected Theoretical Papers.

Harper & Row.

Arnstein, S. R. (1969). A Ladder of Citizen Participation. Journal of the American

Planning Association, 35(4), 216–224.

Mintzberg, H. (1973). The Nature of Managerial Work. Harper & Row.

Higgs, M., & Rowland, D. (2005). All Changes Great and Small: Exploring

Approaches to Change and Its Leadership. Journal of Change Management,

(2), 121–151.

Van Meter, D. S., & Van Horn, C. E. (1975). The Policy Implementation Process:

A Conceptual Framework. Administration & Society, 6(4), 445–488.

Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change. Teachers College

Press.

Senge, P. M. (1990). The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning

Organization. Doubleday.

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.).

Psychology Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v4i1.14083

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.