IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK (STUDI KASUS : SD NEGERI 8 KAMPUNG BARU DAN SDIT AR-RASYID KABUPATEN TANAH BUMBU)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Sari
Proses pembentukan Sekolah Ramah Anak di SDN 8 Kampung Baru dan SDIT Ar Rasyid merupakan pilot projec Dinas melalui pemberian Surat Keputusan (SK). implementasi manajemen sekolah ramah anak di SDN 8 Kampung Baru belum sepenuhnya menerapkan fungsi – fungsi manajemen. Lemahnya manajerial tersebut karena mengikuti kurikulum sekolah adiwiyata yang dalam pelaksanaanya terdapat nilai – nilai ramah anak, pembuatan media publikasi berupa poster anti bullying dan anti perundungan serta secara umum pengawasan hanya dilakukan oleh Kepala Sekolah. Berbeda di SD IT Ar Rasyid yang menerapkan fungsi manajemen meskipun belum maksimal. Proses perencanaan tidak terdokumentasikan, proses pengorganisasian dibuktikan dengan adanya Surat keputusan (SK) Tim pelaksana Sekolah Ramah Anak, pelaksanaan dilakukan dengan melibatkan seluruh warga sekolah dengan membuat jadwal harian penyambutan siswa, penanaman nilai – nilai ramah anak dalam proses pembelajaran serta pembuatan media publikasi berupa poster – poster anti bullying dan anti perundungan.
Selain itu proses pengawasan dilakukan oleh Kepala Sekolah, Komite serta Yayasan. 3) faktor pendukung implementasi manajemen sekolah ramah anak di SDN 8 Kampung Baru dan SD IT Ar Rasyid Kabupaten Tanah Bumbu antara lain: a) adanya bantuan dana dari dinas, b) adanya sosialisasi dan pelatihan sekolah ramah anak, c) kesadaran guru dalam melayani siswa, dan d) partisipasi orang tua dan masyarakat. 4) faktor penghambat implementasi manajemen sekolah ramah anak di SDN 8 Kampung Baru dan SD IT Ar Rasyid Kabupaten Tanah Bumbu antara lain : a) kurangnya pemahanan tentang program sekolah ramah anak, b) belum adanya pelatihan atau bimbingan teknis berkaitan dengan implementasi program sekolah ramah anak di sekolah dasar, c) belum adanya standar yang jelas berkaitan dengan implementasi program sekolah ramah anak di tingkat sekolah dasar, dan d) kurangnya kontrol dari dinas yang membawahi program sekolah ramah anak.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
S. 2007. Ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Athoillah, Anton. 2010. Dasar – Dasar Manajemen. Bandung : Pusataka Setia.
Arifin, Imamul & Giana Hadi W. 2007. Membuka Cakrawala Ekonomi: Untuk SMS/MA Kelas XII, Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : PT Setia Purna Inves.
Badrudin. 2015. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : CV Alfabete.
Effendi, Usman. 2014. Asas Manajemen. Jakarta : Rajawali Pers.
Hasibuan, M. S. 2006. Manajemen (Dasar, Pengertian dan Masalah). Jakarta: Bumi Aksara.
Hajaroh Mami, dkk. 2017. Analisis Kebijakan Analisis Kebijakan Sekolah Ramah Anak Sekolah Ramah Anak di Kawasan Pesisir di Kawasan Pesisir Wisata Yogyakarta : CV Andi Offset.
Moleong. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi. 2015. Implementasi kebijakan. Jakarta : Balai Pustaka.
Mulyasa, E. 2013. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Nuraida, Ida. 2008. Manajemen Administrasi Perkantoran Cet 5. Yogyakarta : Penebit Kanisius.
Purwanto dan Sulistyastuti. 1991. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan, Jakarta : Bumi Aksara.
Rohman, Abd. 2017. Dasar – Dasar Manajemen. Malang : CV Cita Intrans Selaras.
Setiawan, Guntur. 2004. Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta : Balai Pustaka.
Siswanto. 2006. Pengantar Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.
Solihin, Ismail. 2012. Pengantar Manajemen, Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Alfabeta.
Suryatama, Erwin, 2014. Aplikasi ISO Sebagai Standar Mutu. Jakarta : Kata Pena.
Suyadi. 2013. Implementasi dan Inovasi. Jakarta : Rosda.
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta : Grasindo.
Wijayanti, Irene Diana Sari. 2008. Manajemen. Yogyakarta : Mitra Cendikia Press.
Wijaya, C dan Rifa'i, M. (2016). Dasar-Dasar Manajemen mengoptimalkan pengelolaan organisasi secara efektif dan efesien. Mendan: Perdana Publishing.
Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Media Pressindo : Yogyakarta.
Anavia, Tria, 2021. Manajemen Sekolah Ramah Anak Di Sekolah Dasar Negeri 47 Telanaipura Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Khasanah Nur, 2021. Implementasi Sekolah Ramah Anak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jombang. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Maharani Nirhan, Inten. 2021. Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Analisis Kepemimpinan Sekolah di SMP Negeri 8 Palopo. Tesis. Institut Agama Islam Negeri IAIN Palopo.
Permata Sari, Devi. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak Sebagai Upaya Pencegahan Tindak Kekerasan Terhadap Anak (Studi Kasus di SDN 2 Karangsari Kabupaten Pringsewu). Universitas Lampung Bandar Lampung.
Sunoto. 2021. Strategi Kepala Sekolah untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMAN 6 Kota Mataram. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram.
Susana, 2021. Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Mengembangkan Sekolah Berkarakter di Sekolah Dasar Negeri 028266 Binjai. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Tinggi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Syarifatul Umami, Yuniarta. 2020. “Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Tk Dalam Mengimplementasikan Program Sekolah Ramah Anak” (Studi Kasus Di TK Aisyiyah Besuki Kabupaten Situbondo). Tesis. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Arnal, Metha Falmalia dan Jaliah. Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri Menuju 5.0 di SMP Muhammadiyah Kota Prabumulih. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 10 Januari 2020.
Dwi Kurniyawan, Moh.,dkk. Manajemen Sekolah Ramah Anak. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 2 Juni 2020.
Wati, Eliana Krisna. Strategi Penerapan Program Sekolah Ramah Anak Di SD Negeri Kasihan Bantul. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 5 Nomor 1 April 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11539
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.