KEPEMIMPINAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 17 BANJARMASIN

Khairida Yanti(1*)

(1) SMPN 17 Banjarmasin Email : Khairidayanti9@gmail.c
(*) Corresponding Author

Sari


Masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana komunikasi interpersonal guru bimbingan dan konseling dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik. (2) Bagaimana pemberian penghargaan guru bimbingan dan konseling dalam peningkatan motivasi belajar kepada peserta didik. Metodologi pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi, sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling, dan peserta didik. Hasil dalam penelitian adalah temuan mengenai kepemimpinan guru bimbingan dan konseling dalam peningkatan motivasi belajar dan mengetahui bagaimana standart kepemimpinan guru bimbingan dan konseling dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik di SMPN 17 Banjarmasin. Peran guru bimbingan dan konseling berkomunikasi dengan peserta didik adalah upaya untuk mengetahui bagaimana kebijakan yang akan diterapkan dan dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bahri, Syaiful Djamarah, Guru Dan Anak Didik

Dalam Interaksi Edukatif Suatu

Pendekatan Teoretis Psikologis, Jakarta:

Rineka Cipta, 2005.

Danim, Sudarman, Menjadi Peneliti Kualitatif,

Bandung: Pustaka Setia, 2013

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama, 2008

Hardjana. Komunikasi Intrapersonal dan

Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius, 2003.

Koencoro. Pengaruh Reward Dan Punishment

Terhadap Kinerja. Skripsi Universitas

Brawijaya, 2013.

Muhammedi. Bimbingan dan Konseling Dalam

Menyiapkan Generasi Bangsa Yang

Berkarakter. Medan: Laparispa

Indonesia, 2017.

Naim, Ngainan. Menjadi Guru Inspiratif.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Suranto. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta:

Graha Ilmu, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suprihatin, Siti. Upaya Guru Dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 3. No.

, 2015.

Usman, Husaini. Administrasi, Manajemen dan

Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta :

Sinar Grafika Offset, 2019.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Dan Motivasi.

Jakarta: Ghalia Indonesia, 1987




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v3i1.10151

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.