PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA TATAH PEMANGKIH LAUT

Erna Suriyani(1*)

(1) Universitas Achmad Yani Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa pada masa pandemi Coronavirus Disease-19 (Covid-19) di Desa Tatah Pamangkih Laut Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan aparat desa dan Badan Permusyawaratan Desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa pada masa pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) di Desa Tatah Pamangkih Laut Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar belum dilaksanakan secara optimal. Hal itu terbukti dengan beberapa persoalan penyelenggaraan pemerintahan desa yang tidak sesuai dengan ketentuan penyelenggaraan pemerintahan desa sebagaimana dipersyaratkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2016. Penyelenggaraan pemerintahan desa seperti ini juga terjadi sebelum adanya pandemi Covid-19. Kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa disebabkan oleh faktor kebiasaan, keterbatasan pemahaman, dan pengetahuan tentang pemerintahan desa khususnya bagi pengurus Badan Pemerintahan Desa (BPD). Oleh karena itu perlunya peningkatan pengetahuan aparatur pemerintah desa dan pengurus BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa tidak dapat dielakkan.

Kata Kunci


administrasi;pemerintahan desa;Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprillia Theresia, Krishna, Andini, ed all, 2015. Pembangunan Berbasis Masyarakat, Bandung : ALfabeta.

Badan Pusat Statistik ( BPS) 2021.

Departemen Pendidikan Nasional, 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa, Jakarta : PT Gramedia, Edisi Keempat.

Pasolong, Harbani , 2014. Teori Administrasi Publik, Bandung : Alfa Beta.

Silalahi,Ulbert, 2013. Studi Tentang Ilmu Administrasi, Bandung : Sinar Baru, Algesindo.

Ramadani, Ocfin Libriani, Rama Julita, Denny Kurniawan, 2018. “Pengelolaan arsip dinamis (surat masuk dan surat keluar) di Universitas Indo Global Mandiri”Jurnal IQRA : Jurnal Perpustakaan dan Informasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (e-Journal), 12(02).

Kuswantoro, A. 2017. Pengantar Ilmu Administrasi, Semarang : Fastindo.

Marnis, Samsir, Rofanita Rama dan Priyono, 2013. “Development of Public Administration Program Development System in Rural Services in Order to Increase the Capacity of Governance in Village East Java” Journal of Business and Management, 10(1).

Mangimpis, Adelfia Crestofiane. 2014.”Implementasi Kebijakan Administrasi Desa dalam Pelayanan Publik diKecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan” Jurnal Administrasi Publik, Penerbit Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi, Manado, Volume 2, Nomor 3.

Netty, Irwandi dan Ratna Dewi 2021. “Implementasi Penataan Administrasi Desa di Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi”Jurnal Sains Sosio Humaniora, Volume 5 Nomor 2.

Nurcholis, Hanif. 2011. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta : Erlangga.

Roni Budi Sulistyo, Nurahman Joko Wiryanu dkk 2017. Materi Pratugas Pendamping Desa, Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Kementerian

Desa, PDTT Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Dalam negeri Nomor 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/as.v7i2.7842

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.