ANALISIS KINERJA PEGAWAI KANTOR DESA INDRASARI KECAMATAAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR

Widiati Widiati(1*)

(1) FIA UVAYA Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Berdasarkan pembahasan diatas bahwa kualitas kerja pada kantor Desa Indrasari Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar masih belum optimal, karena beberapa faktor sebagai berikut, masih terdapat tugas-tugas rangkap yang sering dikerjakan pegawai dan juga tumpang tindih perkerjaan, terlihat beberapa pegawai yang seharusnya berkerja masih banyak yang bersantai, ditambah dengan tupoksi yang seharusnya di miliki satu Kepala Seksi/Kasi, ternyata dijalankan oleh Kepala Seksi lain.

Dan pembahasan mengenai ketepatan waktu diatas bahwa  kantor Desa Indrasari sudah memenuhi standar dan sudah dapat dikatakan optimal dalam aspek ketepatan waktu, dikatakan optimal karena keadaan yang sekarang (adanya COVID-19) menjadikan ketepatan waktu pada kantor Desa Indrasari tidak sama persis dengan teori yang ada, dalam keadaan yang sekarang untuk menyelesaikan perkerjaan hanya diberikan waktu 2-3 jam saja, sehingga banyak perkerjaan yang dibawa pulang atau dilanjutkan pada jam kerja besoknya, menyebabkan beberapa perkerjaan tidak terselesaikan tepat pada waktunya.

Dan pembahasan mengenai Inisiatif pegawai pada kantor Desa Indrasari Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar masih kurang baik, karena disimpulkan bahwa hanya sebagian atau 50% pegawai yang mampu berinisiatif dalam penyelesaian perkerjaan dan masih banyak pegawai yang mengandalkan pegawai lain dalam penyelesaian tugas yang telah diberkan, dan juga tidak bertanggung jawab atas perkerjaan yang sudah diambil.

Dan aspek kemampuan pegawai pada kantor Desa Indrasari Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar dapat dikatakan optimal dan sudah memenuhi standar teori yang ada. karena mengingat keadaan (adanya COVID-19) ini mengakibatkan adanya perubahan jam kerja. Pegawai kantor Desa Indrasari yang seharusnya berkerjasama selama 7-8 jam kini berubah menjadi 2-3 jam saja, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kerjasama dan partisipasi dalam penyelesaian perkerjaan yang berakibat pada kualitas kinerja pegawai.

Serta mengenai aspek komunikasi, kantor Desa Indrasari dalam berkomunikasi masih secara manual dengan menggunakan surat-menyurat, yang menyebabkan belum optimalnya sebuah komunikasi pada kantor Desa Indrasari ialah permasalahan yang menganggu kualitas kinerja lainnya, seperti sering terjadi kesalahan pengetikan alamat tujuan, jadi kesimpulannya masih terdapat beberapa pegawai dalam berkerja masih belum menggunakan ketelitian dan kecermatan seperti yang diungkapkan pada aspek lainnya.


Kata Kunci


Kinerja Pegawai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah Ma’ruf, SH.MM. 2014. Menejemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan: Yogyakar-ta.

Ambar Teguh Sulistiani dan Rosidah. 2003. Menejemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu: Yokyakarta.

Dharma, Surya. 2012. Menejemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dharm, Agus. 2004. Menejemen Su-pervisi. Jakarta: Rajawali Press.

Dr. Indrasari, Meithiana, S.T, MM. 2017. Kepuasan Kerjadan Kinerja Karyawan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Hasibuan, Melayu S.P. 2006. Organ-isasi dan Motivasi-Dasar Pen-ingkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hery, S.E,. M.Si,. CRP., CFRM., CIISA. 2019. Manajemen Kinerja. Jakarta: Grasindo.

Kadir, Abdul. 2015. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahadi, Dedi Rianto.2010. Menejemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang: Tung-gal Mandiri Publishing.

Samsudin.2005. Menejemen Sumber Daya Manusia. Bandung Pustaka Setia.

Sedarmayanti. 2009. Menejemen Sumber Daya Manusia. Ban-dung: Cv Mandar Maju.

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Cv Mandar Ma-ju.

Sinabela, Lijan Poltak. 2012. Teori Pengukuran dan Implikasi Kinerja pegawai. Jakarta: Gra-ha Ilmu.

Sudarmayanti. 2001.Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja. Bandung: Mandar Manju. Cetakan ke II.

Sudaryanti. 2010. Kinerja dalam Ma-tematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wasistino, Sadu.2003. Kapita Slekta Menejemen Pemerintahan Daerah. Bandung: CV Fokusmedia.

Widodo. 2001. Etika Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Malang: Cv. Citra Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/as.v6i2.5193

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.