MODEL KINERJA PERAWAT BERBASIS RELIGIUSITAS DI RUMAH SAKIT IBNU SINA MAKASSAR

Arni Rizqiani Rusydi(1*), Yusrah Taqiyah(2), Yuliati Yuliati(3), Sumiaty Sumiaty(4)

(1) Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
(2) Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
(3) Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
(4) Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Kinerja perawat merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kesuksesan pelayanan yang dimiliki rumah sakit untuk memberikan kepuasan pada pasien dalam memperoleh pelayanan asuhan keperawatan yang maksimal. Kompetensi perawat dalam konteks asuhan spiritual adalah parallel dengan proses keperawatan, yaitu melakukan pengkajian, merumuskan diagnosa keperawatan, menyusun perencanaan dan intervensi keperawatan serta mengevaluasi kebutuhan spiritual pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja perawat berdasarkan aspek keyakinan (Religious belief), ritualistik/ peribadatan (Religious practice), pengalaman (Religious feeling), pengetahuan (Religious knowledge) dan konsekuensi/penerapan (Religious effect) di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Lokasi penelitian akan dilaksanakan di ruang rawat inap Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar, sampel yang di gunakan adalah sebanyak 110. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Rumah Sakit Ibnu Sina merupakan salah satu rumah sakit yang dalam proses pelayanannya senantiasa berlandaskan nilai-nilai islami, sehingga penting untuk dikaji keterkaitan antara konsep nilai-nilai islam pada aspek religiusitas. Rumah Sakit Ibnu Sina merupakan rumah sakit yang proses pelayanannya senantiasa berlandaskan nilai-nilai islami, sehingga penting untuk dikaji keterkaitan antara konsep nilai-nilai islam pada aspek religiusitas dengan pencapaian kinerja perawat dalam melayani pasiennya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dimensi religious effect merupakan dimensi yang paling berkontribusi pada penyusunan model kinerja perawat berbasis religiusitas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mariana D. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Rawat Inap dengan Proses Pengambilan Keputusan Pasien Untuk Memilih Rumah Sakit. J Ilm Multi Scinece Kesehat [Internet]. 2019;10, No.2:145–62. Available from: https://osf.io/4stbx/download

Mandagi FM, Umboh JML, Rattu JAM. Analisis Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapkan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Bethesda Gmim. J e-Biomedik. 2015;3(3).

Wirdah H, Yusuf M. Penerapan Asuhan Keperawatan oleh Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Banda Aceh. PSIK Unsyiah. 2016;1(1):1–6.

Al-Homayan AM, Shamsudin FM, Subramaniam C, Islam R. Impacts of job demands on nurses’ performance working in public hospitals. Am J Appl Sci. 2013;10(9):1050–60.

Perawat K, Rsud DI. KARAKTERISTIK PERAWAT DAN PERILAKU KESELAMATAN KERJA PERAWAT DI RSUD DEPOK Zifriyanthi Minanda Putri. 2016;12(1):67–75.

Haryanti H, Aini F, Purwaningsih P. Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Stres Kerja Perawat Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Kabupaten Semarang. J Manaj Keperawatan. 2013;1(1):111590.

Retnaningsih D, Fatmawati DF. Beban Kerja Perawat terhadap Implementasi Patient safety di Ruang Rawat Inap. J Keperawatan Soedirman. 2018;11(1):44.

Yusuf A. Kompetensi Perawat Dalam Merawat Pasien Gangguan Jiwa. J NERS. 2016;11(2):230.

Aviyah E, Farid M. Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja. Pers Psikol Indones. 2014;3(02):126–9.

Mclaren H, Patmisari E, Hamiduzzaman M, Jones M, Taylor R. Respect for Religiosity : Review of Faith Integration in Health and Wellbeing Interventions with Muslim Minorities. 2021;

Aidah N, Ain Q, Fikriyah K. Pengaruh Religiusitas dan Komitmen terhadap Kinerja Karyawan. 2020;6:57–77.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v10i1.9666

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.