HUBUNGAN SIKAP DAN SANITASI LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJAR SDN BERIWIT-1 KABUPATEN MURUNG RAYA KALIMANTAN TENGAH

Ridha Hayati(1*), Edy Said Solihin. K(2)

(1) UNISKA
(2) UNISKA
(*) Corresponding Author

Sari


SDN Beriwit-1 Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah di kabupaten Murung Raya Masih memerlukan perhatian lebih terutama pada Sanitasi lingkungan sekolah seperti halaman, toilet, ruangan kelas, kantin sekolah yang masih jauh dari standar kebersihan, serta kelengkapan buku-buku diperpusatakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui hubungan sikap dan sanitasi lingkungan sekolah dengan prestasi belajar pada pelajar di SDN Beriwit 1 Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah Tahun 2015. Metode penelitian ini bersifat survey analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV dan kelas V. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Population, yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian yang berjumlah 75 Siswa. Instrument penelitian adalah kuesioner sebagai alat ukur dan wawancara secara langsung. Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji chi square. Uji statistik menggunakan uji Chi Square diperoleh hasil sikap pelajar memiliki hubungan yang bermakna (P value ≤ 0,05) dengan prestasi belajar pada siswa SDN Beriwit-1 Kabupaten Murung Raya, P = 0,001 dan Uji statistik dengan Chi Square di dapatkan nilai P yaitu 0,001 yang berarti < α 0,05, ada hubungan antara sanitasi lingkungan sekolah dengan Prestasi Belajar di SDN Beriwit-1Kabupaten Murung Raya. Saran untuk instansi pendidikan terkait khususnya SDN Beriwit-1 Kabupaten Murung Raya untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas dengan : menyediakan petugas kebersihan, memperhatikan kebersihan wc/toilet, halaman sekolah, ruangan kelas, kantin sekolah dan saluran air (got).

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v3i1.836

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.