ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM KELAS IBU HAMIL PADA MASA NEW NORMAL DI PUSKESMAS 9 NOPEMBER KOTA BANJARMASIN

Norfai Norfai(1*), Meilya Farika Indah(2), Eddy Rahman(3), Abdullah Abdullah(4)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(4) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yaitu penelitian yang dilakukan dalam upaya memperoleh jawaban atau informasi secara mendalam mengenai pelaksanaan program kelas ibu hamil mencakup indikator input, indikator proses dan indikator output serta menganalisis keterkaitan antara ketiga indikator tersebut di masa New Normal. Cara penentuan informan berdasarkan purposive sampling, dimana peneliti dalam menentukan informan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh peneliti, hal ini dimaksudkan agar informan tersebut mampu memberikan informasi sesuai dengan tujuan penelitian. Informan dalam penelitian ini yaitu pemegang program kelas ibu hamil sebagai informan utama sedangkan dan kader dalam pelaksanaan kelas ibu hamil sebagai informan triangulasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam menggunakan menggunakan pedoman wawancara yang tediri dari pertanyaan-pertanyaan terbuka dan alat perekam suara. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara membuat framework, transkripsi, membuat initial coding, membuat axial coding, membuat generic categories dan mengkonfrmasi/memodifikasi/mengembangkan hubungan antar categories. Lokasi Penelitian di Puskesmas 9 Nopember Kota Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa indikator input dan proses merupakan indikator keberhasilan dan optimalisasi pelaksanaan kelas ibu hamil serta keberhasilan pelaksanaan kelas ibu hamil mempunyai kecenderungan terhadap perilaku ibu hamil dalam melakukan K1 (K1 murni atau K1 akses), K4, persalinan ditolong Nakes, Kunjungan Nifas (KF) dan Kunjungan Neonatal (KN).

Kata Kunci: Kelas Ibu Hamil, New Normal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DepKes RI. (2009). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Departemen Kesehatan RI. Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat.

Kemenkes RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA.

Balitbangkes Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013. Jakarta: Balitbangkes Kemenkes RI. Retrieved January 4, 2022, from https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf

Kemenkes RI. (2015). Kurikulum Pelatihan bagi Pelatih Fasilitator Kelas Ibu (Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita). Jakarta: Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan RI.

Kalsum, U., & Febriyeni. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Buku KIA terhadap Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi Tahun 2018. Maternal Child Health Care Journal, 1(2), 63-75. Retrieved Agustus 20, 2022

Notoatmodjo, 2010. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Debora & Gloria, 2021. Hubungan Keterampilan Bidan dalam Meningkatkan Partisipasi Ibu Mengikuti Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Saitnihuta. Jurnal Ilmiah Kebidanan (JIDAN). [Online]. No. 1, Vol. 1. https://ojs.unhaj.ac.id/index.php/jdn/article/view/46. [diakses tanggal 2 September 2022].

Fuada, N. & Setyawati, B. (2015). Pelaksanaan kelas ibu hamil di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 6(2), 71-75. Diakses dari http://www.ejournal2. litbang.kemkes.go.id/index.php/kespro

Sasnitiari, N. N., Supliyani, E., Rosaria, Y. W., & Puspitasari, D. A. (2017). Hubungan Keikutsertaan Ibu dalam Kelas Ibu Hamil dengan Pengetahuan dan Sikap terhadap Tanda Bahaya dalam Kehamilan di Kota Bogor. Jurnal Kesehatan Reproduksi (Journal of Reproductive Health), 8(2), 175-185. doi:10.22435/kespro.v8i2.6424.175-185

Abdullah & Norfai. (2017). Analisis Faktor Internal dan Eksternal dengan Antenatal Care (ANC) K4 di Wilayah Kerja Puskesmas Teluk Dalam Kota Banjarmasin Tahun 2017. Jurkessia. No. 2, Vol. VIII hal.92-99.Retrieved January4,2022,http://www.journal.stikeshb.ac.id/index.php/jurkessia/article/view/127.

Kemenkes RI. (2011). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA.

Dagun, Save, M. (2002). Psikologi Keluarga. Jakarta : Rineka Cipta.

Yenni, Angka, A. T., Datuan, O., & Hasni. (2021). Hubungan Antara Dukungan Suami dengan Partisipasi Ibu Mengikuti Kelas Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Andowia Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 3(1), 64-71. doi: https://doi.org/10.36090/jkkm.v3i1.1095

Direktorat Jendral Bina Gizi dan KIA. (2015). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Kemenkes RI.

Febriyanti, Siti Nur Umariyah & Yulianti, Evi., (2016). Peran Kader Kesehatan dalam Mensukseskan Program Kelas Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu. Jurnal SMART Kebidanan. [Online]. No. 1, Vol. 3 hal. 52-61. http://stikesyahoedsmg.ac.id/ojs/index.php/sjkb/article/view/06. [diakses tanggal 2 September 2022].

Hidayah, Nurul., Muhaimin, Toha & Nurhapipa. (2018).Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil tahun 2018. Jurnal Photon.[Online].No.1, Vol.9.https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/photon/article/view/1060.[diakses tanggal 1 September 2022].

Sulistyawati, A. (2009). Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika.

Anggraini, L., Sunarsih, & Winardi, B. (2019, July 28). Pengaruh Partisipasi Ibu dalam Kelas Ibu Hamil terhadap Cakupan K4. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 3(3), 266-277. Retrieved January 6, 2022, from https://e-journal.unair.ac.id/IMHSJ/article/view/27948

Fitrianeti, D., Waris, L., & Yulianto, A. (2018, Desember). Faktor yang Mempengaruhi Ibu Hamil Memilih Penolong Persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Malakopa Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 2(3), 153-162. doi:https://doi.org/10.22435/jpppk.v2i3.126

Sari, I. (2018, Agustus). Repository Poltekkeskendari. Retrieved January 4, 2022, from http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/15/

Khafidzoh, A., Rahfiludin, M. Z., & Kartasurya, M. I. (2016, April). Hubungan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil dengan Perilaku Ibu dalam Perawatan Masa Nifas (Studi di Puskesmas Cepiring Kabupaten Kendal). Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM), 4(3), 147-157. Retrieved January 4, 2022, from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/12868

Najahah, I., & Irmayani. (2019). Pengaruh Pendampingan dalam Kelas Ibu Hamil terhadap Kunjungan Neonatus ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jurnal Ilmiah Bidan (JIB), IV(2), 36-45. Retrieved January 4, 2022, from https://www.e-journal.ibi.or.id/index.php/jib/article/view/145




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v9i2.8068

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.