ANALISIS PENGARUH BUDAYA KESELAMATAN PASIEN, BUDAYA ORGANISASI, DAN LINGKUNGAN YANG MENDUKUNG TERHADAP MOTIVASI MELAPORKAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN-SYSTEMATIC RIVIEW

Dian Widya Christiany Jacobus(1*), Yuliani Setyaningsih(2), Septo P. Arso(3)

(1) Universitas Diponegoro
(2) Universitas Diponegoro
(3) Universitas Diponegoro
(*) Corresponding Author

Sari


Latar Belatang: Rumah Sakit adalah sebuah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna serta menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Keselamatan pasien Rumah Sakit merupakan prioritas suatu sistem di mana Rumah Sakit membuat asuhan kepada pasien menjadi lebih aman dengan mencegah terjadinya cedera yang diakibatkan oleh kesalahan pelaksanaan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang semestinya diambil. Sistem yang dimaksud salah satunya yaitu Pelaporan dan Analisis Insiden. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan systematic review, yaitu metode penelitian yang merupakan ulasan kembali beberapa literatur yang mengidentifikasi, menilai dan menginterpretasi seluruh temuan-temuan terkait budaya organisasi, budaya keselamatan pasien, motivasi dalam pelaporan insiden keselamatan pasien. Hasil penelitian: Berdasarkan hasil analisis, budaya organisasi mempunyai korelasi yang besar terhadap insiden pelaporan pasien. Secara kesuluruhan budaya yang dikembangkan untuk meningkatkan insiden pelaporan pasien di Rumah Sakit ialah budaya klan yang berfokus pada internal organisasi dan dapat cepat memberikan tanggapan ketika terdapat berbagai respon yang pelaporan. Kelemahan dari implementasi budaya keselamatan pasien karena kurangnya informasi atau mekanisme terkait sistem pelaporan tersebut, penanggung jawab, dan umpan balik terhadap pelapor. Manajemen organisasi sebaiknya memberikan dukungan penuh terhadap pelapor dan memberikan reward agar pelapor termotivasi untuk melaporkan insiden keselamatan pasien. Secara internal, kerja tim, organisasi belajar, komunikasi, serta perilaku tidak saling menyalahkan merupakan hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam organisasi agar setiap orang baik perawat ataupun pasien dapat memberikan laporan mengenai keselamatan pasien di Rumah Sakit.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrisya Iriviranty. Analisis Budaya Organisasi dan Budaya Keselamatan Pasien Sebagai Langkah Pengembangan Keselamatan Pasien di RSIA Budi Kemuliaan Tahun 2014. Jurnal Admistrasi Rumah Sakit. 2015;1(3):196-206.

Anggraeni D, & Azzuhri M. Pengaruh budaya keselamatan pasien terhadap sikap melaporkan insiden pada perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen. Jurnal aplikasi manajemen. 2016;14(2): 309-321.

CAMERON KS, QUINN RE. Diagnosing and changing organizational culture: Based on the competing values framework. John Wiley & Son; 2011.

CHIU CH, PAN WH, WEI CJ. Does organizational culture impact patient safety management?. Asian Journal of Health and Information Sciences. 2008;3(1-4): 88-100.

DAUD A. Sistem Pelaporan dan Pembelajaran Keselamatan Pasien Nasional (SP2KPN). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020.

DARMIKA P, DARMAWAN ES. Determinant Factors Associated with Patient Safety Culture in Dharma Yadnya General Hospital Bali. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. 2019;10(2):139-146.

Dessler G. Human Resources Management. Person Education Limited. 2017.

Dhamanti I, Leggat S, & Barraclough S. Practical and cultural barriers to reporting incidents among health workers in Indonesian public hospitals. Journal of Multidisciplinary Healthcare. 2020;13: 351.

Edy. Pengaruh Budaya Organisasional dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Perawat “Rumah Sakit Mata Dr. Yap” Yogyakarta Dengan Motivasi dan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Pemediasi. JURNAL EKONOMI & BISNIS (JEB). 2008;2(3): 159-174.

Gunawan G, Harijanto H, & Harijanto T. Analisis Rendahnya Laporan Insiden Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2015;28(2): 206-213.

Gunawan D, & Hariyati RTS. The implementation of patient safety culture in nursing practice. Enfermeria clinica. 2019;29:139-145.

Iriviranty A. Analisis Budaya Organisasi dan Budaya Keselamatan Pasien Sebagai Langkah Pengembangan Keselamatan Pasien di RSIA Budi Kemuliaan Tahun 2014. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia. 2018;1(3).

Iskandar H, Maksum H, & Nafisah N. Faktor Penyebab Penurunan Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2014;28(1): 72-77.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1691 Tahun 2011 Tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Indonesia. 2011.

Kitchenham B, & Brereton P. A systematic review of systematic review process research in software engineering. Information and software technology. 2013;55(12):2049-2075.

Kinanti DW, & Kusniati R. Gambaran Manajemen Keselamatan Pasien di RSGM Unimus Berdasarkan Agency For Health Research And Quality Care (AHRQ). Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI). 2020;4(2):166-177.

Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KKPRS). Pedoman Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (Patient Safety Incident Report). Jakarta. 2015.

Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Laporan IKP Triwulan 1 Tahun 2011. Jakarta. 2012.

Kusumapradja, R. Analisis budaya keselamatan pasien di rumah sakit daerah khusus ibu kota Jakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Esa Unggul; 2017.

Mandriani E, Hardisman H, & Yetti H. Analisis Dimensi Budaya Keselamatan Pasien Oleh Petugas Kesehatan di RSUD dr Rasidin Padang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Andalas. 2019;8(1): 131-137.

Nguyen Van, et al. Individual and occupational differences in perceived organisational culture of a central hospital in Vietnam. BioMed Research International. 2018.

Parlupi P, Suroso A, & Sutrisna, E. Patient Safety Culture and Its Determining Factors (a Qualitative Study at Islamic Hospital of Banjarnegara (RSI Banjarnegara). Sustainable Competitive Advantage (SCA). 2020;10(1):1-9.

Paramita DA, Arso SP, & Kusumawati A. FAKTOR–FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI PERAWAT DALAM PELAPORAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT X KOTA SEMARANG. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip). 2020;8(6):724-730.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Indonesia. 2009.

Putra IAGS. Analisis Budaya Organisasi Menggunakan Model OCAI (Organizational Culture Assessment Instrument) pada Universitas XYZ. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali. 2017:452-457.

Putri ESK, Nuswantari AT, & Imam CW. Effect of perception of patient safety culture dimensions on the willingness to report patient safety incident. Jurnal Aplikasi Manajemen. 2018;16(1):136-147.

Reis CT, Paiva SG, & Sousa P. The patient safety culture: a systematic review by characteristics of hospital survey on patient safety culture dimensions. International Journal for Quality in Health Care. 2018;30(9):660-677.

Robbins SP, & Coulter M. Manajemen Jilid 1 Edisi 13. Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani. Jakarta: Erlangga; 2016.

Rogers GM. Correlation Study of Patient Safety Culture to Organizational Culture Using Competing Values Framework in the Pharmacy of Maine Medical Center. Northcentral University. 2016.

Sorra J, Yount N, Famolaro T, & Gray L. AHRQ Hospital survey on patient safety culture version 2.0: user’s guide. Rockville: Agency for Healthcare Research and Quality. 2019.

The Health Foundation. Evidence scan: Does improving safety culture affect patient outcomes? London. 2011.

Wianti A, Setiawan A, Murtiningsih M, Budiman B, & Rohayani L. Karakteristik dan Budaya Keselamatan Pasien terhadap Insiden Keselamatan Pasien. Jurnal Keperawatan Silampari. 2021;5(1):96-102.

Wibowo A. Review Sistematik: Elemen-Elemen Utama dalam Membangun Budaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 2018;3(3).

Widyanti A. Budaya organisasi yang mendukung keselamatan pasien di rumah sakit. Jurnal Teknik Industri. 2016;18(2):95-102.

Wijaya AS, & Dewi A. Analisis Budaya Keselamatan Pasien Di RSU PKU Muhammadiyah, Bantul. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit), 2015;4(1).

World Health Organization. Patient Safety Incident Reporting and Learning Systems Technical report and guidance. Geneva. 2020.

Wulandari MR, Yulia S, & Triwijayanti R. Peningkatan Budaya Keselamatan Pasien Melalui Peningkatan Motivasi Perawat dan Optimalisasi Peran Kepala Ruang. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan. 2019;2(2):58-66.

Yasmi Y, & Thabrany H. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Budaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Karya Bhakti Pratiwi Bogor Tahun 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia. 2018;4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v9i2.6842

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.