Hubungan Persepsi Masyarakat dengan Kepesertaan JKN Mandiri di Puskesmas Perawatan Bakau Tahun 2021

Asrinawaty Asrinawaty(1*), Mahmudah Mahmudah(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Pembiayaan kesehatan yang kuat, stabil dan berkesinambungan memegang peranan yang amat vital untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan dalam rangka mencapai berbagai tujuan penting dari pembangunan kesehatan di suatu negara diantaranya adalah pemerataan pelayanan kesehatan dan akses serta pelayanan yang berkualitas. Penelitian bertujuan mengetahui persepsi masyarakat dengan kepesertaan JKN mandiri di Puskesmas Perawatan Bakau tahun 2021.  Metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah  seluruh Kepala keluarga di wilayah kerja Puskesmas Perawatan Bakau tahun 2021 sebanyak 5.226 kepala keluarga. Sampel sebanyak 98 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Uji statistik menggunakan uji Chi square test. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar tidak menjadi peserta JKN mandiri sebanyak 58 orang (59,2%) persepsi masyarakat tentang JKN positif sebanyak 64 orang (65,3%),.  Ada hubungan persepsi masyarakat tentang JKN dengan kepesertaan JKN mandiri (p-value=0,000)  di Puskesmas Perawatan Bakau tahun 2021. Diharapkan petugas kesehatan dapat menyedian fasilitas-fasilitas yang lebih baik lagi untuk kenyamanan peserta BPJS Kesehatan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Syah R, Muh Al Thakhrik, Abadi, Muh Yusri dan Palutturi Sukri . 2016. Hubungan Persepsi Masyarakat Tentang Jkn Terhadap Keikutsertaan Menjadi Peserta Bpjs Kesehatan Di Wilayah Puskesmas Minasa Upa. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin.

Witcahyo, Eri. 2016. Kesiapan dan Persepsi Masyarakat Kabupaten Bondowoso terhadap Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jember : Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Niha, Munawir Rizal, 2018. Hubungan Karakteristik Individu Dan Pengetahuan Tentang Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Dengan Status Kepesertaan Masyarakat Dalam Program Jknkis Di Kecamatan Singkil Kota Manado. Universitas Sam Ratulangi.Vol.7 No.5.

Kurniawan, 2017. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas Tamalanrea Jaya Kota Makassar. Departemen Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar. Skripsi.

Kusumaningrum, A. 2018. Kepesertaan Masyarakat dalam Jaminan Kesehatan Nasional secara Mandiri. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 2(1), 149-160.

Rumengan, Debra.2015. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Manado: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ernawati, 2019. Hubungan Kepesertaan JKN Mandiri Dengan Pendapatan, Pengetahuan, Persepsi, Akses, Dan Kepercayaan Masyakat Suku Sakai Di Desa Petani Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Tahun 2018. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Vol.8 No.1 (2019)

Nadiyah, Husnun, 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepesertaan Program JKN Di Wilayah Kerja Puskesmas Remaja Kota Samarinda. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman Samarinda. Vol.6 No.2 (2017)

Kusumaningrum, A. 2018. Kepesertaan Masyarakat dalam Jaminan Kesehatan Nasional secara Mandiri. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 2(1), 149-160.

Arifin HS, Fuady I, Kuswarno E. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. J Penelit Komonikasi dan Opini Publik. 2017;21(1):88–101.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v8i2.5944

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.