ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT INCO SOROWAKO KABUPATEN LUWU TIMUR

Muhammad Rifai(1), musfirah musfirah(2*), Muhammad Syafar(3), muliati muliati(4)

(1) Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tamalatea Makassar
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tamalatea Makassar
(3) Departemen Healt Promotion Universitas Hasanuddin
(4) Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tamalatea Makassar
(*) Corresponding Author

Sari


Rumah sakit sebagai lembaga pelayanan kesehatan diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan baik secara kuratif dan preventif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Inco Sorowako. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional study. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling yaitu seluruh pasien rawat inap dewasa yang menjalani perawatan selama penelitian berlangsung. Data diperoleh dengan teknik wawancara Data yang diperoleh, diolah, dan dianalisis secara univariat, bivariat dan multivariat dengan uji regresi logistik berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan aspek tangible (p = 0,008), aspek reliability (p = 0,000), aspek assurance (p = 0,000), aspek empathy (p = 0,000), dan aspek responsiveness (p = 0,000) secara siginifikan berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap RS Inco Sorowako Kabupaten Luwu Timur. Dari semua aspek kualitas pelayanan yang berhubungan dengan kepuasan pasien, responsivenesss merupakan aspek kualitas pelayanan yang paling kuat hubungannya dengan kepuasan pasien rawat inap di RS. Inco Sorowako Kabupaten Luwu Timur Tahun 2021 dengan Odds Ratio = 20,061. Saran dari penelitian ini adalah agar RS Inco Sorowako, berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dari aspek reliability, assurance, and empathy agar tercapai kualitas pelayanan yang lebih optimal dari capaian kualitas pelayanan pasien rawat inap yang lebih optimal.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nahlah A, Palutturi S, Abadi MY. Factors related to the satisfaction of patients in Pelamonia hospital. Indian J Public Heal Res Dev. 2019;10(7):1135–9.

Wahyuni S, Nurhayani, Indar H. Relationship of health service quality with inpatients’ loyalty at RSUD Makassar city. Indian J Public Heal Res Dev. 2019;10(7):1050–5.

Meara JG, Leather AJM, Hagander L, Alkire BC, Alonso N, Ameh EA, et al. Global Surgery 2030: Evidence and solutions for achieving health, welfare, and economic development. The Lancet. 2015.

Aliman NK, Mohamad WN. Linking Service Quality, Patients’ Satisfaction and Behavioral Intentions: An Investigation on Private Healthcare in Malaysia. Procedia - Soc Behav Sci [Internet]. 2016;224(August 2015):141–8. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.419

Purcarea VL, Gheorghe IR, Petrescu CM. The assessment of perceived service quality of public health care services in Romania using the SERVQUAL scale. Procedia Econ Financ. 2013;6:573–85.

Surydana L. Service quality, customer value and patient satisfaction on public hospital in Bandung District, Indonesia. Int Rev Manag Mark. 2017;7(2):187–92.

Fatima T, Malik SA, Shabbir A. Hospital healthcare service quality, patient satisfaction and loyalty. Int J Qual Reliab Manag. 2018;

F. M. Mandagi, J. M. L. Umboh, and J. A. M. Rattu, “Analisis Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapkan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Bethesda Gmim,” J. e-Biomedik, vol. 3, no. 3, 2015, doi: 10.35790/ebm.3.3.2015.10479.

D. Dari and M. Kerja, “KINERJA PERAWAT DI RSD Dr. H.MOH ANWAR SUMENEP MADURA DITINJAU DARI MOTIVASI KERJA,” J. Kesehat. Wiraraja Med., pp. 32–34, 2007

M. R. Napirah, A. Rahman, and A. Tony, “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMBARANA KECAMATAN POSO PESISIR UTARA KABUPATEN POSO,” J. Pengemb. Kota, vol. 4, no. 1, p. 29, Oct. 2016, doi: 10.14710/jpk.4.1.29-39




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v9i1.5316

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.