Gambaran Kondisi Jamban Keluarga, Sarana Air Bersih Dan Pola Konsumsi Air Pada Masyarakat Kelurahan Surgi Mufti

Ridha Hayati(1*), Hilda Irianty(2), Mahmudah Mahmudah(3)

(1) FKM UNISKA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Masyarakat memandang jamban keluarga dan sarana air bersih bukan sebagai suatu kebutuhan yang penting bagi kesehatan. Kebutuhan masyarakat akan air bersih menegaskan bahwa pengawasan air harus dilakukan dengan teliti dan teratur  seta perlunya dilakukan tindakan pengawasan serta pencegahan pencemaran sumber-sumber air bersih di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegtahui gambaran karakteristik, kondisi jamban keluarga, sarana air bersih, pola konsumsi air dan riwayat diare pada masyarakat Kelurahan Surgi Mufti. Adapun metode penelitian yang digunakan penelitian deskriftip kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari kondisi jamban keluarga, sarana air bersih dan pola konsumsi air bersih. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kepala keluarga yang ada di kelurahan Surgi Mufti sebanyak 43 responden. Metode sampilng yang digunakan adalah Total Sampling dengan menggunakan Uji Chi Square yang hasil analisisnya secara Univariat. Hasil penelitian dari 43 responden sebanyak 17 responden  (39,5%) dengan jamban yang memenuhi syarat dan yang tidak memenuhi syarat 26 orang (60,5 %). Sebanyak 31 responden yang menggunakan air dari PDAM saja, sedangkan 12 responden yang menggunakan sarana air bersih menggunakan PDAM dan Air dari sungai. Dan sebanyak 14 responden yang memiliki pola konsumsi air kurang baik sedangkan sebanyak 29 responden yang memiliki konsumsi air yang baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Chandra B, 2013. Pengantar Kesehatan Lingkungan.EGC. Jakarta.

Timmreck, T. C. 2004. Epidemiologi Suatu Pengantar Edisi Kedua (Mulyana. Fauziah dkk, Penerjemah). Jakarta: EGC.

Taosu SA dan Azizah R, 2013, Hubungan Sanitasi Dasar Rumah dan PerilakuIbu Rumah Tangga dengan Kejadian Diare pada Balita di Desa Bena NusaTenggara Timur, Jurnal Kesehatan Lingkungan, Volume 7, Nomor 1, Juli2013, Hlm.1-6

Novitry F, Agustin R., 2019, Determinan kepemilikan jamban sehat di desa sukomulyo martapura Palembang , , Aisyah;jurnal ilmu kesehatan http://ejournal.stikesaisyah.ac.od/index.php

Kholilah Samosir K, Ramadhan Fs, Peranan perilaku dan dukungan toma terhadap kepemilikan jamban sehat di tanjung pinang, Jurnal kesehatan , Http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs.

Meri, F & Dewi, R.R.K. 2020. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepemilikan Jamban Sehat Oleh Rumah Tangga di Indonesia. Jurnal Jumantik, (LITERATUR REVIEW). http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JJUM/article/view/2558

Dismo Katiandagho dan Darwel.2015. Hubungan Penyediaan Air Bersih Dan Jamban Keluargadengan Kejadian Diare Pada Balita Di Desa Malakecamatan Manganitu Tahun 2015. Jurnal Sehat Mandiri, Volume 14 No 2 Desember 2019. ebcache.googleusercontent.com/search?q=cache:fC4md_sHV2QJ:jurnal.poltekkespadang.ac.id/ojs/index.php/jsm/article/download/118/44/+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id.

Dedi Mahyudin Syam,dkk. 2017. Hubungan Penggunaan Sarana Air Bersihdan Jamban Keluarga dengan KejadianSchistosomiasis di Kecamatan Lindu.Jurnal Higiene Volume 3, No. 3, September-Desember 2017. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:s-l7zz6BBtsJ:journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/higiene/article/download/4749/4286+&cd=6&hl=id&ct=clnk&gl=id.

Ratnawati, Dewi, 2006. Faktor Resiko Kejadian Diare Akut pada Balita di KabupatemKulon Progo

Irawan A.Y, (2012). Hubungan Antara Aspek Kesehatan Lingkungan Dalam PHBSRumah Tangga Dengan Kejadian Penyakit Diare di Kecamatan Karangreja Tahun 2012.Unnes Journal of Public Health, Semarang.

Wandansari A.P. (2013). Kualitas Sumber Air Minum dan Pemanfaatan Jamban Keluarga dengan Kejadian Diare. Unnes Journal of Public Health, Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v8i1.4870

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.