Perencanaan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Kunjungan Pasien Poliklinik Gigi Rumah Sakit Satya Negara

Risely Sutarsa Limirang(1*), Adang Bachtiar(2)

(1) Universitas Indonesia
(2) Universitas Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Layanan kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu jenis pelayanan yang disediakan oleh rumah sakit. Pemanfaatan poliklinik gigi di Rumah Sakit Satya Negara masih cukup kurang, yang terlihat pada laporan 3 tahun terakhir terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien poliklinik gigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat berdasarkan faktor –faktor internal dan eksternal serta teori Marketing 4.0 (Co-creation, Currency, Communal activation, Conversation). Penelitian ini adalah riset operasional dengan metode pengambilan data kuantitatif dan kualitatif pada bulan November 2020. Metode kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pasien poliklinik gigi sesuai dengan kriteria inklusi dengan tujuan melihat perspektif konsumen mengenai 4C. Sedangkan metode kualitatif dilakukan dengan wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil dari penelitian kuantitatif menunjukkan diketahui bahwa pasien setuju dengan adanya faktor 4C akan membuat mereka lebih tertarik untuk terus melakukan kunjungan dan perawatan ke poliklinik gigi. Sedangkan dari hasil penelitian kualitatif, rumah sakit ini terletak pada sel V dari Internal External Matrix (IE Matrix) dengan strategi yang tepat adalah product development dan market penetration. Kemudian melalui Threats Opportunities Weakness Strengths Matrix (TOWS Matrix) didapatkan beberapa strategi altenatif, dan setelah dilakukan skoring dengan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM Matrix), strategi yang paling tepat adalah pengoptimalan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan fasilitas sistem informasi layanan poliklinik gigi, seperti e-medical record, pendaftaran online, dan media promosi online seperti website dan media sosial.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Tanbakuchi B, Amiri M, Valizadeh S. Level of Satisfaction of Patients With Dental Care Services Provided by Dental Clinic of Shahrekord University. Int J Epidemiol Res. 2018;5(4):123–7.

Kassebaum NJ, Arora M, Barber RM, Brown J, Carter A, Casey DC, et al. Global, regional, and national disability-adjusted life-years (DALYs) for 315 diseases and injuries and healthy life expectancy (HALE), 1990–2015: a systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2015. Lancet. 2016;388(10053):1603–58.

Kementrian Kesehatan RI. Faktor Risiko Kesehatan Gigi dan Mulut. Pus Data dan Inf Kementeri Kesehat RI. 2019;1–10.

Samad R, Akbar FH, Pasiga BD, Pratiwi R, Anwar AI, Djamaluddin N, et al. Evaluation of patient satisfaction on quality of public dental health service from different dimensions in Indonesia. Pesqui Bras Odontopediatria Clin Integr. 2018;18(1):1–8.

Tallia S, Ali Zulsibtain M, Ali R, Hafeez MH. Strategic Marketing of Health Care Services: a Systematic Review. 2018;(August):23–8.

Puspitasari NB, Amnes S, Thoatillah K. Perancangan Strategi Pemasaran Pada Rumah Sakit Nasional Diponegoro Semarang. Semin Nas Tek Ind Univ Gadjah Mada 2016. 2016;5(3):184–94.

Muljadi RP, Arwinda R, Ramadhinta Y, Palupi R. Quality of l ife and p atient s atisfaction difference on c onventional r oot c are m aintenance by d ental rofession s tudents , conservative dentistry r esidents , and conservative dentistry specialist. 2020;3520(September):3513–20.

Akbar FH, Pasiga BD, Samad R, Bakri I. Patient satisfaction levels in dental health care: a case study of people in North Mamuju, Indonesia 2017. J Dentomaxillofacial Sci. 2018;3(2):115.

Dewi F, Oesman Y, Sudjana G. Patient satisfaction analysis on service quality of dental health care based on empathy and responsiveness. Dent Res J (Isfahan). 2011;8(4):172.

Tashkandi FS, Hejazi LO, Lingawi HS. Patients’ Satisfaction with Dental Care Services Provided by Educational Dental Hospital. Int J Heal Sci Res [Internet]. 2017;7(6):135. Available from: www.ijhsr.org

Rekam J, Kesehatan I, Adhi SN, Brawijaya J, Ambarketawang RB. Manajemen Data Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit The Hospital Minimum Service Standard Data Management Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta satunya adalah Standar Pelayanan Minimal Tu. 2020;3(2):53–62.

Ekonomi F, Informasi T, Ilmu F, Informasi T. PENGUKURAN BRAND LOYALTY DENGAN NET PROMOTER SCORE PADA YOUTH DAN NETIZEN DI MEDAN. 2016;15–6.

Laitinen MA. Net Promoter Score as Indicator of Library Customers ’ Perception. 2018;0826. Available from: https://doi.org/10.1080/01930826.2018.1448655

Napitupulu RLY, Adhani R, Erlita I. Hubungan Perilaku Menyikat Gigi, Keasaman Air, Pelayanan Kesehatan Gigi Terhadap Karies Di Man 2 Batola. Dentin J Kedokt Gigi. 2019;III(1):17–22.

Shelly TNUR. Bagian Rawat Jalan Rumah Sakit Umum. Eval Sist Inf Manaj Di Bagian Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha, Depok Tahun 2012. 2012;182.

Ahmad AMK, Al-Qarni AA, Alsharqi OZ, Qalai DA, Kadi N. The Impact of Marketing Mix Strategy on Hospitals Performance Measured by Patient Satisfaction: An Empirical Investigation on Jeddah Private Sector Hospital Senior Managers Perspective. Int J Mark Stud. 2013;5(6):210–27.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v8i1.4586

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.