HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU ORANGTUA DALAM MEMELIHARA KESEHATAN GIGI DENGAN KARIES GIGI PADA ANAK TAMAN KANAK KANAK

Rasuna Ulfah(1*), Naning Kisworo Utami(2)

(1) Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
(2) Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Karies merupakan suatu penyakit jaringan keras gigi, yaitu email, dentin dan sementum, yang disebabkan oleh aktifitas suatu jasad renik dalam suatu karbohidrat yang diragikan. Peran orangtua sangat diperlukan untuk membimbing anak dalam hal pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut, ini berarti pengetahuan dan perilaku orangtua dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut anak prasekolah. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan perilaku orangtua dengan karies gigi pada anak TK Pertiwi Simpang Empat Kabupaten Banjar. Penelitian ini bersifat analitik dengan rancangan cross sectional,dengan populasi penelitian seluruh anak di TK Pertiwi Simpang Empat Kabupaten Banjar. Sampel berjumlah 60 anak yang berusia 5 sampai 6 tahun. Data diambil dengan cara pemeriksaan karies gigi pada anak serta pembagian daftar pertanyaan (kuesioner) pada orangtua anak. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan orangtua dengan karies gigi anak yaitu 0,000 (p=0,000), dengan tingkat kemaknaan 5% (0,05) sehingga p<0,05 dan perilaku orangtua dengan karies gigi anak yaitu 0,000 (p=0,000), dengan tingkat kemaknaan 5% (0,05) sehingg a p<0,05. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan orangtua dengan karies gigi anak dan ada hubungan antara perilaku orangtua dengan karies gigi anak. Disarankan untuk dilakukan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut pada orang tua sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


WHO. World Health Organization. 2013.

Riskesdas. Riset Kesehatan Dasar. Kemenkes RI. 2013.

Sujlana A, Pannu PK. Family Related Factorc Associated with Caries prevalence in the Primary Dentition of Five-year-old Children. Journal of Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry. 2015, 33 (2): 83-87.

Eddy FNE, Mutiara H. Peranan Ibu dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi Anak dengan Status Karies Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Majority. 2015; 4(8): 1-6.

Afiati R, Adhani R, Ramadhani K, Diana S. Hubungan Perilaku Ibu Tentang Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Status Karies Gigi Anak : Tinjauan Berdasarkan Pengetahuan, Tingkat Pendidikan dan Status Sosial di TK ABA 1 Banjarmasin. Dentino Jurnal Kedokteran Gigi. 2017; 2 (1): 56-62.

Sarmento TCAP, Abreu MH, Gomes MC, Costa EMMB, Martins CC, Garcia AFG, Palva SM. Determinant Factors of Untreated Dental Caries and Lesion Activity in Preschool Children Using ICDAS. Journal Pone. 2016;10: 1-11

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta; 2012.

Dahlan MS. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan, Jakarta: Salemba Medika; 2009.

Sukarsih, Silfia A, Febrianti S. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dengan Status Karies Pada Anak Tk Al-Hikmah Kota Jambi Tahun 2018. Jurnal Bahan Kesehatan Masyarakat. 2018; 2 (2).

Thyath MN, Nishad SG, Sharma M, Zaidi I. Impact of Socioeconomic Status and Parental Factors On Child Oral Health A Review of Literature. Journal of Advanced Medical and Dental Science Research. 2015;3(2): 153-157.

Setyaningsih R, Prakoso I. Hubungan Tingkat Pendidikan, Tingkat Sosial Ekonomi dan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Perawatan Gigi dengan Kejadian Karies Gigi Anak Usia Balita di Desa Mancasan Baki Sukoharjo. Jurnal Kosala. 2016; 4 (1): 13-24.

Sari R. Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Kejadian Karies Gigi pada Anak di Desa Banjar Negeri Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran. Jurnal Wacana Kesehatan. 2016; 1(1): 22-27.

Chen KJ, Gao SS, Duangthip D, Li SK, Lo ECM, Chu CH. Dental Caries Status and its Associated Factors Among 5-Year-Old Hongkong Children: a Cross sectional Study. BMC Oral Health. 2017; 17: 1-8.

Ramirez ME, Burgos LA, Santilan ES, Ayala FA, Carrilo EL, Sancez M, Rodriguez, MM, Corona MLM, Solis CEM. Factor Associated with Dental Plain in Mexican Schoolchildren aged to 12 years, Biomed Reseach International. 2017; 10: 1-10.

Jyoti NPCP, Giri PRK, Handoko SA, Kurniati DPY, Rahaswanti LWA. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Dalam Merawat Gigi Anak Terhadap Kejadian Karies Anak di TK Titi Dharma Denpasar. Bali Dental Journal. 2019; 3(2): 96-102.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v7i2.3927

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.