STUDY CASE CONTROL PENGGUNAAN SMARTPHONE BERDASARKAN KARAKTERISTIK ANAK USIA 3-6 TAHUN DI KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Agustina Agustina(1*), Hermansyah Hermansyah(2)

(1) Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh 23245
(2) Poltekkes Kementerian Kesehatan Aceh, Banda Aceh 23245
(*) Corresponding Author

Sari


Data Keminfo yang mengelompokkan komposisi usia, persentase pengguna smartphone yang termasuk kategori usia anak-anak  di Indonesia cukup tinggi, yaitu sekitar dari 36 % anak usia 3-10 tahun diproyeksikan menggunakan ponsel pintar pada tahun 2018. Lembaga riset Digital Marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif  smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan smartphone berdasarkan karakteristik anak pada anak usia 3 – 6 tahun. Tehnik penelitian menggunakan metode observasi analitik dengan metode case control study  digunakan sebagai panduan arah pengumpulan data  dari total 96 responden dengan menggunakan perbandingan 1:2 dibagi menjadi 32 responden sebagai pengguna smartphone dan 64 responden yang tidak menggunakan smartphone, penentuan kasus penggunaan smartphone berdasarkan sesuai dengan kriteria penelitian. Penelitian dilakukan di TK Nusa Indah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen pada tanggal 21 November 2018 s/d 30 April 2019. Pengumpulan data ini menggunakan kuesioner. Dari hasil penelitaian dididapatkan proporsi responden mayoritas adalah berjenis kelamin perempuan baik dari kelompok kasus 16 (50%) maupun kelompok Kontrol 34 (53%). Dari segi umur responden diketahui persentasi dari 32 kasus dari 64 kontrol responden mayoritas dengan umur 5 - ≤ 6 tahun 78 (81%). Dari segi status kedudukan anak dari 96 responden diketahui persentasi dari 32 kasus dan 64 kontrol proporsi dengan status kedudukan anak mayoritas  anak lahir dengan urutan anak ke 1 (pertama) baik dari kelompok kasus 18 (56%). Sebaiknya tidak diberikan smartphone kepada anak usia 3-6 tahun, seharusnya mereka bermain dengan teman-teman sebayanya. Alangkah  lebih baik jika anak-anak bermain permainan tradisional atau sekedar mengobrol bercerita dengan teman-teman mereka.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sari TP, Mitsalia AA. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di TKIT Al Mukmin. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian. 2016; 13(2): 72-78.

Brauner CB, Stephens CB. Estimating The Prevalence Of Early Childhood Serious Emotional/Behavioral Disorders: Challenges and recommendations. Public health reports. 2006; 121(3): 303-310.

Istiyanto SB. Telepon Genggam Dan Perubahan Sosial Studi Kasus Dampak Negatif Media Komunikasi dan Informasi Bagi Anak-Anak di Kelurahan Bobosan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. 2016; 1(1): 58-63.

Safaat N. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Bandung: informatika; 2012.

Fadilah Ahmad. Pengaruh penggunaan alat komunikasi handphone (hp) terhadap aktivitas belajar siswa SMP negeri 66 Jakarta Selatan [Skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2014.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga; 2009.

Strasburger VC. Children, adolescents, and the media. Current problems in pediatric and adolescent health care. 2004; 34(2): 54-113.

Sigman, A. The impact of screen media on children: a Eurovision for parliament. Improving the quality of childhood in Europe, 2010, 3: 88-121.

Wong DL. Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik, Jakarta: EGC; 2008.

Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. Surabaya: Penerbit Buku Kedokteran; (2008).

Wisesa BAA, Yuwono AI. Manajemen Media Dalam Industri Game (Studi Kasus Manajemen Media Studio Developer Agate Jogja Dalam Persaingan Industri Game) [Thesis]. Yogyakarta: UGM; 2014.

Hurlock EB. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan), Jakarta: Erlangga; 2012.

Karman K. Riset Penggunaan Media Dan Perkembangannya Kini. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. 2010; 17(1): 93-112.

Wiguna T, Manengkei PSK, Pamela C, Rheza AM, Hapsari WA.. Masalah emosi dan perilaku pada anak dan remaja di poliklinik jiwa anak dan remaja RSUPN dr. Ciptomangunkusumo (RSCM) Jakarta. Sari Pediatri. 2010; 12(4): 270-7.

Adler MG, Fagley NS. Appreciation: Individual differences in finding value and meaning as a unique predictor of subjective well-being. Journal of Personality. 2005:73, 79-114.

Sujanto A. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara; 2009.

Chikmah AM, Fitrianingsih D, 2018. Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosional Anak Pra Sekolah di TK Pembina Kota Tegal. Jurnal Siklus Vol.07 No.02 Juni 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v7i2.3464

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.