KEBIASAAN SARAPAN SEBAGAI DETERMINAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTs NURUL FALAH JUAI KABUPATEN BALANGAN

Erwin Ernadi(1*), M. Bahrul Ilmi(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Sarapan adalah menu makanan pertama yang di konsumsi seseorang. Tanpa sarapan seseorang akan mengalami hipoglikemia atau kadar glukosa dibawah normal. Hipoglikemia mengakibatkan tubuh gemetaran, pusing dan sakit berkonsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan sarapan sebagai determinan prestasi belajar siswa SMPN Sederajat di Kecamatan Juai Kabupaten Balangan. Jenis penelitian ini yaitu analitik dengan pendekatan cross sectional study. Yang menjadi sampel penelitian yaitu semua siswa terdiri dari laki-laki dan perempuan yang terdapat pada sekolah MTs Nurul Falah di Kecamatan Juai Kabupaten Balangan. Instrumen yang digunakam dalam penelitian ini adalah berupa lembar pertanyaan (kuesioner) & wawancara yang berisi daftar pertanyaan tentang kebiasaan sarapan sebagai determinan prestasi belajar siswa. Data kemudian diolah dan dianalisis dengan uji statistika Chi Square untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, ada hubungan antara kebiasaan sarapan dengan perstasi belajar. Diharapkan adanya peningkatan informasi tentang pola hidup sehat baik kepada instansi pendidikan maupun orangtua siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Judarwanto W. Perilaku makan Anak sekolah. http://gizi.depkes.go.id/wp-content/uploads/2012/05/perilaku-makan-anak-sekolah. 2012.

Prof. Dr. H. Djaali. Psikologi Pendidikan. Edisi Pertama, cetakan ke-8. Jakarta : PT Bumi Aksara; 2014.

Santoso S. Kesehatan dan Gizi, Cetakan ke-3. Jakarta : Rineka Cipta; 2013.

Handayani, Ery. Manfaat Sarapan untuk Efektivitas Belajar Siswa. Semarang : SMP Islam Terpadu PAPB; 2018. https://smpislampapb.sch.id/official/2018/02/17/manfaat-sarapan-untuk-efektivitas-belajar-siswa/

Kusumawardani, Nunik, dkk. Hasil Survey Nasional Kesehatan Berbasis Sekolah di Indonesia. Perilaku Berisiko Kesehatan Pada Pelajar SMP dan SMA di Indonesia. Jakarta : Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI. 2015

Notoadmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi . Jakarta: PT Rineka Cipta; 2010.

Niswah Ilyatun, dkk. 2014. Kebiasaan Sarapan, Status gizi, dan Kualitas hidup Remaja SMP Bosowa Bina Insani Bogor. Jurnal Gizi dan Pangan. 2014;9(2):97-102.

Ristiana, Siska M., 2009. Hubungan Pengetahuan, Sikap, tindakan Sarapan Dengan Status Gizi Dan Indeks Prestasi Anak Sekolah Dasar Di SD Negeri NO.101835 Bingkawan Kecamatan Sibolangit Tahun 2009 [Skripsi]. Medan : Universitas Sumatera Utara; 2009.

Khalida Elda, Fadlyana Eddy, Somasetia Dadang Hudaya. Hubungan Kebiasaan Sarapan Dengan Prestasi Belajar dan Fungsi Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri. 2015;17(2):89-94.

Muchtar M, Julia M, Gamayanti IL. Sarapan dan Jajan Berhubungan dengan Kemampuan Konsentrasi Remaja. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 2011;8(1)28-.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v7i2.3312

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.