KOMUNIKASI BIDAN DAN KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL CARE DEMI KEPUASAN IBU HAMIL DI KOTA PALOPO

Ikes Dwiastuti(1*), Rati Purnama Indah Sari(2)

(1) STIKES Mega Buana Palopo
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kematian ibu yang masih sangat tinggi menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan maternal yang masih rendah termasuk Antenatal Care (ANC) pada ibu hamil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi bidan dan kualitas pelayanan antenatal care dengan kepuasan ibu hamil di Kota Palopo Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini semua ibu hamil yang melakukan kunjungan ANC di Poskeskel Boting Kota Palopo tahun 2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 ibu hamil dengan menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah menggunakan SPSS dan dianalisis secara deskriptif dan bivariat dengan fisher’s exact test serta disajikan dalam bentuk tabel. Adapun hasil yang diperoleh yakni ada hubungan antara komunikasi bidan (nilai p= 0,023), kualitas pelayanan antenatal care (nilai p= 0,011) dengan kepuasan ibu hamil.

 

Kata kunci: komunikasi bidan, kualitas pelayanan antenatal care, kepuasan ibu hamil


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anisa, F. N. (2017) ‘Hubungan Komunikasi Bidan dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil dalam Mendapatkan Pelayanan ANC di Puskesmas Sei Jingah Banjarmasin Utara’, Jurnal Dinamika Kesehatan, 8.

Dinas Kesehatan Kota Palopo (2017) Data Jumlah Ibu Hamil.

Guspianto (2012) ‘Determinan Kepatuhan Bidan di Desa terhadap Standar Antenatal Care’, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 7 Nomor 2.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2014) Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Jakarta: Kemenkes RI.

Kementerian Kesehatan RI (2018) Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Kemenkes RI.

Maria, A. (2015) ‘Sikap dan komunikasi bidan terhadap tingkat kepuasan ibu hamil pada pelaksanaan antenatal care’, Jurnal Vokasi Kesehatan, 1 Nomor 5.

Nurpahmi, I. (2016) ‘Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil terhadap kualitas pelayanan antenatal care di Puskesmas Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas bulan juni tahun 2015’, Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8 Nomor 2.

Pohan, S. (2012) Jaminan Mutu Layanan Keehatan. Jakarta: EGC.

Priyoto (2014) Teori Sikap Dan Perilaku Dalam Kesehatan. Yogyakarta: Nuha.

Rahayu, L. D. P. (2015) ‘Hubungan kualitas pelayanan antenatal care (ANC) dengan tingkat kepuasan ibu hamil di Puskesmas Karanganyar Kabupaten Purbalingga’, Jurnal Ilmiah Kebidanan, 6 Nomor 2.

Rekam Medik Poskeskel Boting (2017) Data Kunjungan Ibu Hamil.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v7i1.2830

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.