FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KONSUMSI MAKANAN CEPAT SAJI (FAST FOOD) PADA MAHASISWA

Dede Munasiroh(1*), Diana Oktavia Nurawali(2), Dina Aulia Rahmah(3), Fina Suhailah(4), Iwan Ridwan Yusup(5)

(1) Universitas Islam Negeri Bandung
(2) Universitas Islam Negeri Bandung
(3) Universitas Islam Negeri Bandung
(4) Universitas Islam Negeri Bandung
(5) Universitas Islam Negeri Bandung
(*) Corresponding Author

Sari


Pola pemikiran masyarakat yang serba cepat menyebabkan manusia menginginkan segala sesuatunya menjadi serba instant, sehingga kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan variabel bebas dan terikat (umur, jenis kelamin, status gizi, pengetahuan, perpindahan penduduk, uang saku, dukungan sosial, sumber informasi dan akses sarana) pada mahasiswa. Jenis Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, dimana pengumpulan data dilakukan pada bulan November 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan biologi dengan jumlah 481 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 mahasiswa. Teknik dalam pengambilan data penelitian diperoleh melalui kuesioner. Data hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan uji chi square univariat dan bivariat. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi makanan cepat saji yaitu status gizi dan dukungan sosial. Sedangkan faktor yang tidak berhubungan yaitu umur, jenis kelamin, pengetahuan, perpindahan penduduk , uang saku , sumber informasi, dan akses sarana. Penelitian ini merekomendasikan untuk mempertahankan perilaku makan agar terhindar dari obesitas, mencegah penyakit dan gizi  buruk.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arisman. 2004. Gizi Dalam Daur Kehidupan. EGC Kedokteran: Jakarta

Azrimaidaliza, Idral Punakarya. 2011. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan makanan pada remaja di kota padang sumatera barat tahun 2008. Jurnal kesehatan masyarakat.volume, 6 nomor 1.

Cahyaningsih, D., S. 2011. Pertumbuhan Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Gibney, Michael J, et al. 2009. Gizi Kesehatan Masyarakat. EGC Kedokteran : Jakarta.

Green L, Marshall K. 2000. Health Promotion Planning An Educational and Environmental Approach. Montain View, Toronto Londong: Mayfield Publishing Company.

Kementrian Kesehatan RI. 2011. Strategi Nasional Penerapan Pola Konsumsi Makanan Dan Aktivitas Fisik Untuk Mencegah Penyakit. Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta.

Lutfi, S. 2011. Makan Teratur Mahasiswa Tingkat Akhir. Dikutipdarihttp://lutiblurry.com (diakses 10 November 2016).

Masthalina, H., Suhaema, Mizwar, M. 2013. Ketersediaan Uang Saku, Aktivitas dan Pengetahuan Remaja Berhubungan dengan Pola Konsumsi Fast Food di SMAN 1 Mataram. Jurnal Media Gizi Pangan.

Mustikaningsih, D., Hartini, T.N.S. & Syamsiatun, N.H. 2015. Persepsi tentang Fast Food dan Frekuensi Konsumsi Fast Food sebagai Faktor Risiko Terjadinya Obesitas pada Remaja di Yogyakarta. Jurnal Nutrisia. Vol. 17 No. 2.

Nova Yorika, A. 2011. Hubungan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jajan pada Anak SD Kelas I dan II dengan Perilaku Jajan Sembarangan di SD Negeri Cokrokusuman Kecamatan Jetis Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah.

Nusa, A.F.A. & Adi, A.C. 2013. Hubungan Faktor Perilaku, Frekuensi Konsumsi Fast Food, Diet dan Genetik dengan Tingkat Kelebihan Berat Badan. Media Gizi Indonesia. Vol. 9 No. 1.

Rahman, N. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Makan pada Remaja SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Program Studi Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Tadulako.

West, Dorothy. 2006. Influence on Nutritional Practices and Wellness Across the Lifespan.

Wulandari, Tri. 2006. Kematangan Social Pada Anak Obesitas Di Sekolah Dasar Bromantakan Surakarta. (http://www.m3undip.org)

Yudita, D. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Makan Pada Remaja Putri Di SMA Negeri 10 Padang. Artikel Ilmiah. Fakultas Keperawatan. Universitas Andalas. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v6i2.2681

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.