HUBUNGAN SENAM HAMIL DENGAN PROSES PERSALINAN KALA I DAN II PADA PRIMIGRAVIDA DI PMB WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDOREJO

Metha Fahriani(1*), Rini Yuli Astini(2), Mika Oktarina(3)

(1) Program Studi Kebidanan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
(2) Program Studi Kebidanan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
(3) Program Studi Kebidanan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
(*) Corresponding Author

Sari


Lama persalinan dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain kontraksi tidak adekuat, faktor janin dan faktor jalan lahir. Akibat dari kala I dan II yang memanjang adalah terjadinya infeksi yang merupakan salah satu faktor penyebab kematian ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan antara senam hamil dengan proses persalinan kala I dan II pada primigravida di PMB wilayah kerja Puskesmas Sidorejo Kota Lubuklinggau. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu primigravida yang bersalin di tiga PMB wilayah kerja Puskesmas Sidorejo Kota Lubuklinggau di bulan April sampai Mei 2019 sebanyak 30 orang. Sampel diambil menggunakan teknik Total Sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square (2) dan uji Contingency Coefficient (C). Hasil penelitian didapatkan dari 30 ibu terdapat 19 (63,3%) orang dengan proses persalinan kala I dan II tidak lama, 16 (53,3) orang dengan senam hamil tidak teratur, ada hubungan yang signifikan antara senam hamil dengan proses persalinan kala I dan II pada primigravida dengan kategori hubungan kuat. Diharapkan pihak Puskesmas dapat meningkatkan penyuluhan tentang manfaat senam hamil, menambah jadwal pelaksanaan senam hamil, dan melakukan teknik jemput bola pada ibu hamil untuk melakukan senam hamil agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalina. (2015). Hubungan Rutinitas Senam Hamil dengan Waktu Persalinan Pervaginam pada Primigravida di Rumah Sakit Panti Wilasa Semarang. Thesis. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/kedokteran/article/view/2581

Andries, S., Adam, S., Montolalu, A. (2015). Pengaruh penyuluhan tentang senam hamil terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil.Jurnal Ilmiah Bidan.Jakarta: EGC.Vol 3 No 2 Bulan Juli – Desember.

https://media.neliti.com/media/publications/92092

Dinkes Kota Lubuklinggau. (2018). Profil KesehatanKota Lubuklinggau 2018. Lubuklinggau:Dinas Kesehatan Kota.

Dinkes Provinsi Sumatera Selatan. (2016). Profil KesehatanProvinsi Sumatera Selatan 2016. Palembang:Dinas Kesehatan Provinsi.

Eniyati, Putri, M. (2010). Asuhan Kebidanan pada Ibu Bersalin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemenkes RI. (2016). Profil Kesehatan Indonesia 2016. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI.(2017).Senam Hamil: Dilakukan setiap hari untuk memperlancar prose persalinan. Jakarta.

Manuaba, IBG. (2015). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencanauntuk Pendidikan bidan. Jakarta: Penerbit EGC.

Rahmawati. (2016). Hubungan Senam Hamil Terhadap Lamanya Proses Persalinan pada Ibu Bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Bayat Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan, Vol. 6, No. 11, Januari 2016, 30-37

http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/downloadSuppFile/473/202

SUPAS. (2015). Profil Penduduk Indonesia: Angka Kematian Ibu. Jakarta: Kepala Badan Pusat Statistik.

WHO. (2015). Low Birthweight: Country, Regional And Global Estimates. United Nations Children’s Fund And World Health Organization 2015. New York. USA. Government Printing Office.

Yanuaria, S. P., Djuwantono, T., Sedjati, A., et al. (2016).Penerapan Senam selama Hamil dan Efektifitasnya terhadap Lama Persalinan, Robekan Perineum dan Hasil Luaran Bayi. IJEMC. Volume 3 No 2 Bulan Juni

http://journal.unusa.ac.id/index.php/jhs/article/download/91/82




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v6i2.2679

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.