HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM (YPI) SITI MARIAM BANJARMASIN

Muslimin Muslimin(1), Fakhsiannor Fakhsiannor(2), Akhmad Fuzan(3*)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Gizi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan tingkat kesehatan dan kesejahteraan manusia. Status gizi dikatakan baik bila terdapat keseimbangan dan keserasian antara perkembangan fisik dan perkembangan mental. Status gizi optimal tercapai bila kebutuhan zat gizi optimal dan terpenuhi. Tujuan penelitin untuk mengetahui hubungan status gizi dan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa SD Yayasan Pendidikan Islam YPI Siti Mariam Banjarmasin tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan croos sectional. Populasi pada penelitian ini adalah anak sekolah dasar kelas IV, V di sekolah jumlah sampel sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan penelitin ini dilakukan dengan cara total populasi. Pengolahan dan analisa data menggunakan program SPSS 20,0 dengan menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi square diketahui ada hubugan status gizi dengan prestasi belajar (p value = 0,009), dan ada hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar (p value = 0,002). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan status gizi dan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa SD Yayasan Pendidikan Islam YPI Siti Mariam Banjarmasin tahun 2015. Bagi pihak sekolah disarankan Perlu adanya pendidikan kesehatan yang berhubungan dengan status gizi dan kebiasaan sarapan pagi sehingga siswa memahami keadaan yang dialaminya. Pendidikan kesehatan dihubungkan dengan status gizi yaitu dengan pengenalan gizi seimbang, berat badan dan tinggi badan yang ideal menurut umur yang akan dialami bila berstatus lebih atau kurang. Memberikan pengarahan kepada siswa untuk membiasakan sarapan pagi sebelum berangkat sekolah sehingga akan berpengaruh dengan nilai prestasi belajar.


Referensi


Notoatmodjo, S. 20l0. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Lenterak. 2011. Pengertian Sekolah. Tersedia dihttp://lenterakecil.com/pengertian sekolah/.

Moehji, Sjahmien. 2004. Pemeliharaan Gizi bayi dan Balita. Jakarta:Bharata

Santoso, Soegeng. 2004 Kesehatan dan Gizi. Jakarta: Asdi Mahasatya

Santoso S, Rianti. 2009. Kesehatan dan Gizi. Jakarta: Rineka Cipta.

Siska,Ristiana. 2009. Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Terhadap Prestasi Belajar SDN 01 Pagi Palembang Tahun 2009.

Soekirman,2000. Ilmu Gizi dan Aplikasinya. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Stikbar, S. 20l0. Hubungan Kebiasaan Makan Pagi Terhadap Status Gizi Dengan Prestasi Belajar di SDN 95 Desa Lero Kecamatan suppa Kabupaten Pinrang Tahun 2010(online)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v3i2.2632

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.