HUBUNGAN PENGETAHUAN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN UMUR IBU HAMIL DENGAN PEMANFAATAN BUKU KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANUA PADANG KABUPATEN TAPIN

Mayang Mangurai(1), Hasan Zain(2), Yeni Riza(3*)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Angka Kematian Ibu (AKI) di indonesia masih sangat tinggi yaitu 228 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2007 dan 359 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2012. Hasil analisis riskesdas tahun 2013 menunjukkan bahwa dari 80,8 persen ibu yang mempunyai buku KIA yang bisa menunjukkannya hanya 40,4 persen saja dan cakupan deteksi faktor resiko oleh masyarakat masih sangat kurang di Puskesmas Banua Padang, yaitu hanya 35,42 % dan 1,11 % pada Januari s/d Maret 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan pengetahuan, tingkat pendidikan dan umur ibu hamil dengan pemanfaatan buku KIA. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Banua Padang Kabupaten Tapin dengan menggunakan metode analitik dengan rancangan cross sectional. Analisa statistik menggunakan chi-Square (X2) dengan teknik pengambilan sampel random sampling dengan memilih sampel dari 12 desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Banua Padang yaitu masing-masing desa dipilih dengan cara diundi sebanyak 7 orang dan ada satu desa yang 6 orang. Hasil uji chi square untuk pengetahuan menunjukkan P = 0,000 terdapat hubungan antara pengetahuan dengan pemanfaatan buku KIA. Hasil uji chi square untuk pendidikan menunjukkan P = 0,013 terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan pemanfaatan buku KIA. Dan hasil uji chi square untuk umur menunjukkan P = 0,001 terdapat hubungan antara umur dengan pemanfaatan buku KIA. Saran peneliti agar buku KIA bisa dimanfaatkan sebaik- baiknya dan petugas kesehatan mewajibkan ibu hamil untuk membaca isi buku KIA dan ditanyakan bila ada yang kurang dimengerti pada pertemuan berikutnya.


Referensi


Departemen Kesehatan RI. 2003. Petunjuk teknis penggunaan buku KIA. Depkes RI dan JICA. Jakarta.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Novianti Susi (2012) Faktor – faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pemanfaatan Posyandu Oleh Oleh Ibu Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Maek Kabupaten Lima Puluh Kota Bandung.

Nursalam, 2001. Pendekatan praktis metodologi Riset Keperawatan. Info Medika. Jakarta

Saifudin, Abdul Bahri. 2002. Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka. Jakarta.

Sartika Zefanya Watugigir, 2014. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Antenatal Care Dengan Penggunaan Buku Kia Di Wilayah Kerja Puskesmas Ranotana Weru Kecamatan Wanea Manado. Jurnal Keperawatan. Vol. 2 No. 2. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi.

Tri Sugiarti, 2013. Hubungan Pengetahuan Ibu Primipara Dengan Pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Dalam Imunisasi Di Desa Wringinputih Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Akademi Kebidanan Ngudi Walu Ungaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v3i2.2630

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.