HUBUNGAN PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN TB PARU DENGAN ANGKA KESEMBUHAN PASIEN TB PARU DI PUSKESMAS WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN PULANG PISAU KALIMANTAN TENGAH

Rina Suryani(1), Hasan Zain(2), Asrinawaty Asrinawaty(3*)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Tuberkulosis (TB) merupakan peyakit infeksi menular yang telah lama menjadi permasalahan kesehatan di dunia. Meskipun jumlah kasus TB dan jumlah kematian TB tetap tinggi untuk penyakit yang sebenarnya bisa dicegah dan disembuhkan, tetapi fakta juga menunjukkan keberhasilan dalam pengendalian TB.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendidikan, pengetahuan dan sikap pasien TB Paru dengan angka kesembuhan pasien TB Paru.  H dtRancangan penelitian ini secara cross sectional dengan menggunakan variable pendidikan, pengetahuan dan sikap pasien TB Paru. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, buku register TB Kabupaten dan Puskesmas. Populasi penelitian ini adalah semua pasien TB Paru terkonfirmasi bakteriologis (BTA +) yang menjalani program pengobatan DOTS di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Tahun 2014 dengan jumlah 75 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total populasi. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara pendidikan dengan angka kesembuhan pasien TB Paru dan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap terhadap angka kesembuhan pasien TB Paru. Saran yang diberikan kepada petugas TB Puskesmas untuk lebih meningkatkan penyuluhan dan edukasi kepada pasien TB Paru.


Referensi


Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Rineka Cipta. Jakarta

Budiman. 2010. Analisis faktor yang berhubungan dengan kepatuhan minum obat pasien tb paru pada fase intensif di rumah sakit umum cibabat cimahi. Jurnal Keperawatan Vol. 1(2) . Stikes Aisyiyah Bandung.

Dewi, Gendhis, Indra dkk. 2012. Hubungan antara pengetahuan, sikap pasien, dan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada pasien TB Paru di BKPM Pati. Karya Ilmiah. Stikes Telogerojo.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2002. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan, Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, soekidjo. 2010. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Profil Kesehatan. 2014. Profil Kesehatan Dinas Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2014

Sianturi, Ruslantri. 2014. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kekambuhan Tb Paru (Studi Kasus Di BKPM Semarang Tahun 2013). Unnes Journal of Publich Health Vol 3 (1). Universitas Negeri Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v2i2.2627

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.