HUBUNGAN GAYA HIDUP, USIA DAN KEPRIBADIAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA PASIEN YANG BEROBAT JALAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PELAMBUAN KOTA BANJARMASIN

Rosida Amalia(1), Fakhsiannor Fakhsiannor(2), Akhmad Fauzan(3*)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Dewasa ini, penyakit degeneratif yang mempunyai tingkat mortalitas yang cukup tinggi adalah penyakit hipertensi. Kejadian hipertensi dengan bertambahnya usia selalu mengalami peningkatkan, selain bertambahnya usia beberapa hal yang dapat memicu penyakit hipertensi adalah ketegangan, kekhawatiran, status sosial, kebisingan, gangguan dan kegelisahan. Pengendalian pengaruh dan emosi negatif tersebut tergantung juga pada kepribadian masing-masing individu, hipertensi dapat dipengaruhi oleh gaya hidup dan juga kepribadian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya hidup, usia dan kepribadian dengan kejadian hipertensi pada pasien yang berobat jalan di wilayah kerja Puskesmas Pelambuan Kota Banjarmasin tahun 2015. Pada penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh pasien yang berkunjung di puskesmas Pelambuan. Sampel sebagian dari populasi yang berjumlah 71 responden dan Pengumpulan data dengan mengunakan koesioner, dengan analisis mengunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara gaya hidup dengan kejadian hipertensi p value = 0,003 p< α =0,05, artinya ada hubungan yang antara gaya hidup dengan kejadian hipertensi, hasil penelitian juga menunjukan adanya hubungan antara usia dengan kejadian hipertensi p = 0,001 < α = 0,05, artinya ada hubungan antara usia dengan kejadian hipertensi, dan hasil penelitian yang menunjukan adanya hubungan antara kepribadian dengan kejadian hipertensi p = 0,003 < α = 0,05, artinya ada hubungan antara  kepribadian dengan kejadian hipertensi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mengurangi kejadian hipertensi. Perlunya peningkatan peran serta program promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan pada masyarakat tentang penyakit hipertensi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin,M.S., 2011. Hubungan Perilaku Hidup Sehat Dengan Kejadian Hipertensi Pada Pasien Poli Umum Puskesmas Kelumpang F Kabupaten Kotabaru. Skripsi sarjana. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Univertas Islam Kalimantan, Banjarmasin.

Masduqy, M., 2012. Hubungan Usia Dan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Pada Pasien Yang Berobat Jalan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kuin Raya Banjarmasin. Skripsi sarjana. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Islam Kalimantan, Banjarmasin.

Nuraisa, 2012. Hubungan Gaya Hidup Dan Kepribadian Dengan Kejadian Hipertensi Di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Majalengka Kabupaten Majalengka. Skripsi sarjana. Program Studi S-1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) YPIB, Majalengka. [online]. http://www. pustakaskripsi.com. [diakses tanggal 12 Oktober 2014].

Puskesmas Pelambuan Kota Banjarmasin, 2014. Laporan Tahunan Puskesmas Pelambuan Tahun 2012.

Puskesmas Pelambuan Kota Banjarmasin, 2014. Laporan Tahunan Puskesmas Pelambuan Tahun 2013.

Puskesmas Pelambuan Kota Banjarmasin, 2014. LB1 Puskesmas Pelambuan Tahun 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v2i1.2612

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.