HUBUNGAN ANTARA RUMAH SEHAT DAN PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH PUSKESMAS PASAR PANAS KAB. BARITO TIMUR

Jamiatul Husna(1), Antung Sadeli Mahfuz(2), Ridha Hayati(3*)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Menurut WHO ± 13 juta anak balita di dunia meninggal setiap tahun dan sebagian besar kematian tersebut terdapat di Negara berkembang. ISPA merupakan penyebab kematian utama Di negara –negara berkembang dengan membunuh empat juta anak Balita setiap tahun. Keadaan ini berkaitan erat dengan berbagai kondisi yang melatar belakanginya seperti malnutrisi, kondisi lingkungan, polusi di dalam rumah seperti asap, debu dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan rumah sehat dan pengetahuan orang tua dengan kejadian ISPA pada balita di wilayah Puskesmas Pasar Panas Kab. Barito Timur Tahun 2014. Metode yang digunakan bersifat analitik dengan menggunakan rancangan penelitian Cross Sectional untuk mengetahui dinamika korelasi antara rumah sehat (kepadatan hunian, ventilasi, lubang pembuangan asap dapur, suhu ruangan) dan pengetahuan orang tua dengan kejadian ISPA pada balita dengan cara pendekatan, observasi, atau pengukuran variabel sekali dan sekaligus pada waktu yang sama. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang membawa anak balitanya yang sakit ke Puskesmas Pasar Panas pada Bulan Juli 2014 yaitu sebanyak 68 balita dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Chi Square diperoleh nilai (p = 0,003 < α = 0,05) untuk kepadatan hunian, nilai (p = 0,015 < α = 0,05) untuk ventilasi, nilai (p = 0,025 < α = 0,05) untuk lubang pembuangan asap dapur, nilai (p = 0,022 < α = 0,05) untuk suhu ruangan, dan nilai (p = 0,000 < α = 0,05) untuk pengetahuan dimana dari hasil kesimpulan didapat bahwa H0 ditolak artinya ada hubungan antara rumah sehat dan pengetahuan orang tua dengan kejadian ISPA pada balita di Wilayah Puskesmas Pasar Panas Kab Bartim Tahun 2014.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Kesehatan RI, 2006. Rumah Tangga Ber-perilaku Hidup Bersih dan Sehat: PPM & PL.

Laporan Tahunan Puskesmas Pasar Panas Tahun, 2013. Laporan Tahunan Program Kesehatan lingkungan Puskesmas Pasar panas Tahun 2013. Pasar Panas : Pengelola Program Kesehatan Lingkungan Puskesmas Pasar Panas.

Kemenkes RI., 2010. Buletin Jendela Epidemiologi. Situasi Pneumonia Balita di Indonesia. Vol.3, September 2010. [Online]. https://pusdatin.kemkes.go.id/folder/view/01/structure-publikasi-pusdatin-buletin.html. [diakses tanggal 15 maret 2014].

Notoatmodjo, S., 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat. 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S., 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Sarlita, D., 2011. Hubungan Kualitas Fisik Rumah Dengan Kejadian ISPA Pada Anak Balita di Wilayah kerja Puskesmas Kuin Raya. Skripsi sarjana. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Islam Kalimantan, Banjarmasin.

Suyono dan Budiman., 2011. Ilmu Kesehatan Masyarakat Dalam Konteks Kesehatan Lingkungan. Jakarta: EGC kedokteran.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v2i1.2609

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.