HUBUNGAN SIKAP IBU BERSALIN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMILIHAN PENOLONG PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NIBUNG KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

Metha Fahriani(1*), Eriyanti Sitorus(2)

(1) Program Studi Kebidanan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
(2) Program Studi Kebidanan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
(*) Corresponding Author

Sari


Kementerian Kesehatan dalam dekade terakhir menekankan agar setiap persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan dalam rangka menurunkan kematian ibu dan kematian bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari Hubungan Sikap Ibu bersalin dan dukungan keluarga terhadap pemilihan penolong persalinan di Puskesmas Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional, yaitu peneliti mengumpulkan variabel independen (sikap ibu bersalin dan dukungan keluarga) dan variabel dependen (pemilihan penolong persalinan) dalam waktu bersamaan. Teknik pengambilan Sampel di ambil secara accidental sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 60 reponden. Penelitian dilaksanakan pada bulan juli 2018 di Puskesmas Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara. Analisa data menggunakan chi-square. Hasil penelitian didapat dari 60 responden didapat 46 orang (76,7%) persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, 37 orang (61,7%) sikap ibu bersalin mendukung persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan dan 35 orang (58,3%) dukungan keluarga mendukung persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan. Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap ibu bersalin dengan pemilihan penolong persalinan dengan kategori hubungan sedang. Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan pemilihan penolong persalinan dengan kategori hubungan sedang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, A. P., 2014. Analisis Alasan Pemilihan Penolong Persalinan oleh Ibu Bersalin di Kabupaten Semarang Tahun 2013. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL (Vol. 2, No. 1).

Azwar, S., 2016, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas Utara, 2018. Laporan KIA tahun 2017. Kab. Musi Rawas Utara: Dinas Kesehatan.

Friedman, M., 2010. Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset, Teori, dan Praktek. Edisi ke-5. Jakarta: EGC.

Hidra, 2016. Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Tenaga Penolong Persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Pasir Putih Kabupaten Muna Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol. 2/No. 6/ Mei 2017 hal: 64-71.

Kemenkes RI, 2016. Profil Kesehatan Indonesia 2015. Jakarta, Kemenkes RI.

Kemenkes RI, 2018. Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta, Kemenkes RI

Puskesmas Nibung, 2017. Laporan KIA tahun 2017. Nibung.

Ramadhan Tosepu, dkk, 2016. Kesehatan Masyarakat Pesisir. Kendari: YCAB Publisher

Suciawati, A., 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Penolong Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kabupaten Pandeglang. Jurnal Impuls Universitas Binawan, 2(1), 31-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v6i1.2574

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.