HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI KELAS 2 JURUSAN IPA TENTANG SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI) DI SMA PGRI 2 BANJARMASIN

Wahyu Asnuriyati(1*), Nana Aprilia Yulianti(2)

(1) Akademi Keperawatan Kesdam VI/TanjungPura Banjarmasin
(2) Akademi Keperawatan Kesdam VI/TanjungPura Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui oleh seseorang melalui pengenalan sumber informasi, ide yang diperoleh sebelumnya baik secara formal maupun informal.SADARI adalah pemeriksaan yang dilakukan sebagai deteksi dini kanker payudara.SMA PGRI 2 Banjarmasin adalah sekolah swasta di Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja putri terhadap SADARI. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 35 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability yaitu sampel jenuh atau total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 responden. Berdasarkan hasil penelitian dari uji hasil uji Spearman Rho di peroleh nilai p 0,008 < α 0,05. Berdasarkan hasil statistik Spearman Rho tersebut maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan terhadap pemeriksaan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) di SMA PGRI 2 Banjarmasin. Untuk meningkatkan tingkat pengetahuan remaja putri terhadap pemeriksaan SADARI dengan lebih memperhatikan pendidikan kesehatan  bagi wanita khusus nya tentang kanker payudara.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v5i2.1652

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.