FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI DI WILAYAH KERJA UPT.PUSKESMAS KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR

Noor Hidayah(1*), Kasman Kasman(2), Mayasari Mayasari(3)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Status gizi adalah keadaan tubuh yang merupakan hasil akhir dari keseimbangan antara zat gizi yang masuk ke dalam tubuh dan utilisasinya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada bulan Maret 2017 di UPT.Puskesmas Kertak Hanyar yang diperoleh data dari petugas kesehatan masalah gizi salah satunya balita bawah garis merah (BGM) sebanyak 35 balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel bebas dengan variabel terikat (Pendidikan, Pengetahuan, Pekerjaa, Pendapatan,dan Asi eksklusif) pada balita. Jenis Penelitian ini menggunakan desain cross sectional (disain potong lintang), dimana pengumpulan data dilakukan pada bulan Mei 2017 . Popolasi dalam penelitian ini adalah balita dengan jumlah 3541 balita. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 balita. Teknik dalam pengambilan data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Data hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan uji chi square, bila tidak memenuhi pakai uji fisher dengan derajat kemaknaan 5%. Faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi balita yaitu tingkat pendidikan ibu (p.value = 0,017), tingkat pengetahuan ibu (p.value = 0,043), pendapatan keluarga (p.value = 0,046), Sedangkan faktor yang tidak berhubungan yaitu status pekerjaan ibu (p.value = 0,394),  dan ASI Eksklusif (p.value = 1,123). Pada penelitian selanjutnya diharapkan dilakukan penelitian mengenai pola asuh sehingga dapat terlihat gambaran pola asuh orang tua terhadap anak balita. Disarankan ibu balita untuk lebih memperhatikan pola makan dan asupan konsumsi makan sesuai dengan kebutuhan gizi setiap anak balita. Dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari biasakan dengan menu seimbang, yaitu nasi lengkap dengan lauk-pauk, sayuran dan buah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisasmito, Wiku. 2010. Sistem Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Adriani dan Wirjatmadi. 2012. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. Kencana. Jakarta.

Depkes RI, 2000. Rencana aksi pangan dan gizi nasional. Depkes RI, Jakarta.

Depkes RI, 2017. Pedoman Strategi KIE Keluarga Sadar Gizi (KADARZI). Jakarta: Direktorat Bina Gizi Masyarakat.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, 2017. Laporan Profil Tahun 2016.

Khayati, Sri., 2010. Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Balita Pada Keluarga Buruh Tani Di Desa Situwangi Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara Tahun 2010. Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. [Online]. lib.unnes.ac.id/6629/1/8075_A.pdf.

Miko, Hadiyat., 2003 . Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi (KEP) Anak umur 6-60 bulan di Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2002. Depok: Tesis FKM UI.

Nuryanto, 2002. Hubungan antara pekerjaan ibu dengan kelangsungan pemberian ASI saja pada anak usia 0-11 bulan. Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Novitasari A, Dewi dan Puruhita, Niken., 2012. Faktor-Faktor Risiko Kejadian Gizi Buruk Pada Balita Yang Dirwat Di RSUP Dr.Kariadi Semarang. Jurnal Kedokteran Diponegoro. Vol. 1, No. 1. [Online]. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/view/1587.

Ramadhani, Rizka Lailia., 2015. Hubungan Riwayat ASI Eksklusif Dengan Status Gizi Balita Usia 7-36 Bulan Di Wilayah Puskesmas Gondokusuman 1 Tahun 2015. Naskah Publikasi.[Online]. digilib.unisayogya.ac.id/.../1/RIZKA%20LAILIA%20RAMADHANI_201410104305…Program Studi Bidan Pendidik Jenjang DIV, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan “AISYIYAH” Yogyakarta.

Sediaoetama, Achmad Djaeni., 2008,. Ilmu Gizi : untuk Mahasiswa dan Profesi Jilid I. Jakarta : Dian Rakyat.

Setiani, Ditya Yankusuma., 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Bayi Usia 6-12 Bulan Di Posyandu Kelurahan “B” Kota Surakarta. [Online].ejournal.stiksintcarolus.ac.id/file.php?...ARTIKEL%20ILMIAH%20DITYA…Program Studi S1 Keperawatan, STIK SINT Carolus, Jakarta.

Suhardjo, dkk, 2003, Pangan Gizi dan Pertanian, Jakarta: UI Press

Suhendri, Ucu. 2009. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Anak Dibawah Lima Tahun (Balita) di Puskesmas Sepatan Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang Tahun 2009. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.

Supariasa, I Dewa Nyoman., Bachyar Bakri dan Ibnu Fajar., 2001. Penilaian Status Gizi. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v5i1.1645

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.