Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi pada Wanita Usia Subur (15-49 Tahun) di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Martapura Timur Tahun 2023

Tiara Dahliana Pertiwi(1*), Norsita Agustina(2), Muhammad Febriza Aquarista(3), Zuhrupal Hadi(4), Meilya Farika Indah(5), Asrinawaty Asrinawaty(6), Chandra Chandra(7)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(4) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(5) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(6) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(7) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Hipertensi merupakan penyakit dengan banyaknya penderita, kebiasaan masyarakat yang tidak sehat ini dapat menimbulkan faktor-faktor pemicu terjadinya hipertensi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pemicu terjadinya hipertensi pada wanita usia subur. Metode penelitian menggunakan desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh wanita usia subur di wilayah kerja UPTD Puskesmas Martapura Timur sebanyak 6.826 orang dengan sampel sebanyak 99 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini dengan uji statistik menggunakan uji chi-square menunjukkan ada hubungan dengan kejadian hipertensi yaitu konsumsi kopi (p-value = 0,009), dan aktivitas fisik menggunakan uji fisher exact (p-value = 0,010), sedangkan yang tidak ada hubungan yaitu obesitas yang diuji menggunakan chi-square (p-value = 0, 121). Kesimpulan penelitian ini adalah faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada wanita usia subur di wilayah kerja UPTD Puskesmas Martapura Timur yaitu konsumsi kopi dan aktivitas fisik, sedangkan yang tidak berhubungan yaitu obesitas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ekarini, N. L. P., Wahyuni, J. D., & Sulistyowati, D. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Hipertensi Pada Usia Dewasa. Jkep, 5 (1), 61-73.

Kemenkes, 2021. Apa itu Hipertensi atau yang disebut The Silent Killer. [Online]. Available:https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan pembuluh -darah/page/3/apa-itu-hipertensi-atau-yang-disebut-the-silent-killer.

Maring, F. N. A., Purnawan, S., & Ndun, H. J. (2022). Faktor Risiko Kejadian Hipertensi Pada Wanita Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Naibonat. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kesehatan (JURRIKES), 1(1), 19-26.

Kemenkes RI, 2019a. Hipertensi Si Pembunuh Senyap. pp. 1-5. Available : https://pusdatin. kemkes.go.id/article/view/20031000002/hipertensi-si-pembunuh-senyap .html.

Kemenkes RI, 2019b. Hari Hipertensi Dunia 2019 : “Know Your Number, Kendalikan Tekanan Darahmu dengan CERDIK”. [Online]. Available: https://p2ptm.kemkes.go.id/tag/hari-hipertensi-dunia-2019-know-your-number-kendalikan-tekanan-darahmu-dengan-cerdik.

Riskesdas, 2018a. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Riskesdas, 2018b. Laporan Provinsi Kalimantan Selatan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, 2021. Profil Kesehatan Kabupaten Banjar. Martapura : Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar.

UPTD Puskesmas Martapura Timur, 2022. Jumlah Hipertensi. Martapura: UPTD Puskesmas Martapura Timur.

Pikir, dkk, 2015. Hipertensi Manajemen Komprehensif. Surabaya: Airlangga University Press (AUP).

Ayukhaliza, D. A. (2020). Faktor Risiko Hipertensi di Wilayah Pesisir (Studi Pada Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Tanjung Tiram) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Artiyaningrum, B., & Azam, M. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi tidak terkendali pada penderita yang melakukan pemeriksaan rutin. Public Health Perspective Journal, 1(1).

Ramadhaniyati, F. Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Wanita Usia Subur (15-49 Tahun) Di Wilayah Kerja PusKesmas Cempaka Kota Banjarmasin. (Skripsi, Universitas Lambung Mangkurat).

Martiani, A., & Lelyana, R. (2012). Faktor Risiko Hipertensi Ditinjau dari Kebiasaan Minum Kopi (studi kasus di wilayah kerja puskesmas ungaran pada bulan januari-februari 2012) (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Puspita, B., & Fitriani, A. (2021). Peran Konsumsi Kopi terhadap Kejadian Hipertensi pada Laki-Laki Usia Produktif (18-65 Tahun). Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF), 2(1), 13-23.

Ramdhika, M. R., Widiastuti, W., Hasni, D., Febrianto, B. Y., & Jelmila, S. (2023). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Hipertensi pada Perempuan Etnis Minangkabau di Kota PadangHubungan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Hipertensi pada Perempuan Etnis Minangkabau di Kota Padang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 19(1), 91-97.

Setiawan, H., Munawwarah, M., & Wibowo, E. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kebugaran dan Tingkat Stres pada Karyawan Back Office Rumah Sakit Omni Alam Sutera dimasa Pandemi Covid-19. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 3(1), 1-10




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v10i2.13358

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.