Determinan Yang Berhubungan Dengan Keluhan Penyakit Scabies Di Wilayah Kerja Puskesmas Banjarbaru Selatan Tahun 2023

Eka Handayani(1*), Edy Ariyanto(2), Ahmad Fauzan(3), Junia Shinta Ariyantie(4)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Univesitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Univesitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Univesitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(4) Fakultas Kesehatan Masyarakat Univesitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Scabies adalah suatu kondisi yang dapat menyebar melalui kontak langsung atau tidak langsung. Faktor-faktor seperti kebersihan pribadi, kepadatan tempat tinggal, tingkat kelembaban, ventilasi, pencahayaan, dan suhu juga berperan dalam terjadinya kasus scabies. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi korelasi antara tingkat kebersihan pribadi, kepadatan tempat tinggal, tingkat kelembaban, sistem ventilasi, intensitas pencahayaan, dan suhu terhadap kemunculan keluhan penyakit scabies. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei analitik menggunakan desain cross-sectional. Populasi yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah penduduk daerah kerja Puskesmas Banjarbaru Selatan, yang memiliki total populasi sebanyak 563 individu. Sampel sebanyak 86 responden dengan teknik pengambilan sampel case controlHasil dari penelitian ini mengindikasikan adanya korelasi antara tingkat kebersihan pribadi dengan insiden kasus scabies (p-value = 0,000), ada hubungan antara kepadatan hunian dengan kejadian scabies (p-value=0,001), ada hubungan antara kelembaban dengan kejadian scabies (p-value=0,001), ada hubungan antara ventilasi dengan kejadian scabies (p-value=0,003), ada hubunga antara pencahayaan dengan kejadian scabies (p-value=0,001), ada hubungan antara suhu dengan kejadian scabies (p-value=0,003).kepada puskesmas agar menyediakan fasilitas sanitasi dasar yang sesuai syarat kesehatan dan terpelihara, membuat poster kesehatan terkait personal hygiene, sehingga dapat memelihara kebersihan dirinya dengan baik dan menjaga kebersihan lingkungan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Purwanto, Heri., Retno Puji Hastuti. 2020. Faktor Resiko Penyakit Skabies di Masyarakat. Jurnal Kesehatan Vol.11 No.1.

Safitri, Kamilia. 2019. Skripsi: Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Persepsi Santri Tentang Pencegahan Skabies di Pondok Pesantren Mlangi Sleman Yogyakarta. Poltekes Yogyakarta.

Puskesmas Banjaebaru Selatan, 2022 DataPuskesmas Banjarbaru Selatan.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif fan Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Hayyu. 2018. Hubungan Antara Personal Hygiene Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Penyakit Scabies Di Pondok Pesantren Marifatul Ulum Bringin Kabupaten Ngawi. https://repository.stikes-bhm.ac.id/335/ Di akses 28 Januari 2022

Yunita, 2018 Jurnal Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Skabies Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang.Jurnal Kesehatan Andalas 2018. https://www.researchgate.net/ publication. Di akses 28 Januari 2022

Widasmara, 2020. Penelitian Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Skabies Pada Santriwati Di Pondok Pesantren An-Nur 2 Putri Al-Murtadlo, Malang.

Oktriyedi, dkk (2021) Penelitian Analisis Kesehatan Lingkungan Rumah Dengan Kejadian Tuberkulosis Di Desa Tanjung Seteko Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

Ibadurahmi, dkk (2017). Jurnal Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kejadian Penyakit Skabies Pada Santri Di Pondok Pesantren Qotrun Nada Cipayung Depok. Jurnal Profesi Medika. https://ejournal.upnvj.ac.id/JPM/article/view/06. Doakses 28 Januari 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v10i2.13080

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.