Analisis Mutu Pelayanan Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Alalak Tengah Tahun 2023

Noorhidayah Noorhidayah(1*), Elsy Setiandari Lely Oktaviana(2), Nelda Mumtazah(3)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Salah satu penilaian pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas adalah pelayanan sumber daya manusia yang memberikan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan dikatakan bermutu tinggi apabila menimbulkan kepuasan bagi pasien yang dilayaninya. Kepuasan pasien akan terpenuhi apabila proses penyampaian jasa dari pemberi jasa kepada pasien sesuai dengan apa yang diharapkan. Pelayanan yang dirasakan oleh pasien Puskesmas Alalak Tengah diloket pendaftaran cenderung lama, dan kurang mudahnya dalam mendapatkan informasi. Tujuan penelitian untuk menganalisis mutu pelayanan SDM terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Alalak Tengah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Populasi penelitian berjumlah 4.390 orang dan sampel penelitian ini berjumlah 98 orang. Pengambilan sampel digunakan dengan cara accidental sampling. Hasil penelitian sebagian besar keandalan baik (84,7%), daya tanggap baik (67,3%), jaminan baik (85,7%), empati baik (79,6%). Ada hubungan keandalan (p-value = 0,000 OR = 26,7), daya tanggap (p-value = 0,001 OR = 4,71), jaminan (p-value = 0,002 OR = 10,25), empati (p-value = 0,000  OR = 0,08) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Alalak Tengah Tahun 2023. Disarankan pihak puskesmas untuk memperbaiki kinerja waktu petugas untuk  peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan melakukan survei secara berkala mengenai kepuasan pasien.

Kata Kunci : Kepuasan, Mutu Pelayanan Sumber Daya Manusia, Pasien


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Undang –undang Republik lndonesia Tahun (2009). Tentang Kesehatan

Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(2), 117. Periode Desember 2019.

Nursalam, D. (2014). Manajemen Keperawatan" Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional.(4th.ed). Jakarta: Salemba Medika.

Astuti, D. (2017). Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Deveploment), 1(3), 65-72.[internet].Tersedia pada:https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/view/16038. [Diakses pada 4 Mei 2023].

Setiawan, A. "Saryono, 2011. Metodologi penelitian kebidanan. Di dalam: Nuha S, Editor." Metodelogi Penelitian KebidananDII, DIV, S1, dan S2: 96-98.

Fatah, Dhoni (2021) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsd Idaman Banjarbaru 2021. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

Aulia, N. R. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Landasan Ulin Tahun 2021 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Suparta, S., Haryono, H., & Kamsir, A. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Poli Umum Puskesmas Lompoe Kota Pare-Pare. JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH, 7(1), 54-63.

Nurheda, N., & Rusman, A. D. P. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Maiwakabupaten Enrekang. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(3), 202-216.

Lontaan, V., Rumayar, A. A., & Tucunan, A. A. (2018). Hubungan antara Persepsi Pasien terhadap Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 7(5).

Aulia, M., 2020. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat kepuasan Pasien di Puskesmas Pemurus Dalam kota Banjarmasin Tahun 2020. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan MAB.

Tambuwun, P. Z., Wowor, R. E., & Korompis, G. E. (2020). Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Amurang. KESMAS, 9(5).

Meruntu, I. S. E., Wowor, R. E., & Rumayar, A. A. (2020). Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(2), 027-031.

Rohman, T., Badriah, D. L., & Mamlukah, M. (2022). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Di Puskesmas Haurgeulis Kabupaten Indramayu 2022. Journal of Nursing Practice and Education, 3(01), 69-78.

Ramadhanty, E. A. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Poli KIA Di Puskesmas Gunung Sindur Tahun 2020 (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v10i2.13075

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.