Hubungan Pengetahuan, Paritas Dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronik (KEK) Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2023

Mariani Mariani(1), Netty Netty(2*), Husnul Khatimatun Inayah(3)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Univesitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjamasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Univesitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Univesitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Data rekapan Puskesmas Amuntai Selatan menyebutkan bahwa selama tahun 2022 sebanyak 87 ibu hamil mengalami KEK dengan angka LILA <23,5%. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang gizi terhadap kejadian kekurangan energi kronik (KEK) di wilayah kerja Puskesmas Amuntai Selatan Tahun 2023. Metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh ibu hamil yang mengalami KEK di wilayah kerja Puskesmas Amuntai Selatan berdasarkan data Januari-April Tahun 2023 sebanyak berjumlah 116 orang. Sampel sebanyak 60 responden menggunakan teknik accidental sampling. Uji statistik menggunakan uji Chi Square Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden  mengalami KEK sebanyak 32 orang (53,3%), sebagian besar responden memiliki pengetahuan kurang sebanyak 30 orang (50,0%), sebagian besar responden memiliki paritas tidak berisiko sebanyak 40 orang (66,7%). Ada hubungan pengetahuan ibu hamil (p-value=0,003) dan paritas ibu hamil (p-value=0,001) terhadap kejadian kekurangan energi kronik di Puskesmas Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2023. Diharapkan Puskesmas dapat memberikan lebih banyak motivasi dan dorongan kepada ibu hamil untuk memperhatikan masa kehamilannya banyak mengkonsumsi nutrisi dan gizi dan memberikan pengetahuan tentang tanda bahaya, resiko dan cara mengatasi KEK selama kehamilan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


WHO. (2018). Women and Health; Today’s evidence, Tomorrow Agenda Chapter 4. Geneva: World Health Organization. hlm. 27-47.

Kementrian Kesehatan. (2022). Infodatin Pusat Data dan Informasi. Jakarta : Kemenkes RI.

Ni Nyoman Mira. (2021). Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Kurang Energi Kronis Di UnitPelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat Gianyar I Jurnal Involusi Kebidanan, 42-60.

Wahidah,dkk. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kekurangan Energi Kronis pada Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Wedi Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan. 1(1):42-60.

Diana. (2020). Hubungan Pengetahuan,pola makan dan Paritas terhadap kejadian KEK pada Ibu Hamil di Desa Tegal Arum. Eprint Unair. Surabaya.

Nada Arifqah. (2019). Jarak Kehamilan Berhubungan dengan Status Gizi Ibu Hamil di Desa Mulyasari Kabupaten Cianjur. Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan, hlm. 63-70.

Notoatmodjo, S. (2017). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sinta. (2022). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Kejadian Kurang Energi Kronik (Kek) Di Puskesmas Sungai Durian Kabupaten Sintang Tahun 2022. Journal Kebidanan Kapuas, 1(1), 1-5.

Nur Izhmah. (2021). Hubungan Usia Ibu, Paritas, Dan Jarak Kehamilan Dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronis (Kek) Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Perawatan Satui. Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan, 63-70.

Gulo, P. M. P. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kurang Energi Kronik (KEK) pada Ibu Hamil di Puskesmas Non Rawat Inap Moro’o Kabupaten Nias Barat Tahun 2019. Jurnal Institut Kesehatan Helvetia.

Jannah, D. (2022). Hubungan Pengetahuan Dengan Status Gizi Ibu Hamil Di Puskesmas Sememi Kota Surabaya. Jurnal Universitas Kusuma Husada. Surakarta.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.

Irdayani. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronis (Kek) Pada Ibu Hamil Tm Ii Di Puskesmas Lingkar Barat Kota Bengkulu Tahun 2019.

Diana. (2020). Hubungan Pengetahuan,pola makan dan Paritas terhadap kejadian KEK pada Ibu Hamil di Desa Tegal Arum. Eprint Unair. Surabaya.

Desvita M. (2020). Faktor yang berpengaruh terhadap angka kejadian Kekurangan Energi kronik pada ibu usia muda di Puskesmas Gajah Mungkur. Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP. Semarang.

Halimah. (2022). Hubungan Usia, Paritas Dan Pekerjaan Terhadap Usia, Paritas,Dan Pekerjaan Terhadap Resiko Kek Ibu Hamil Trimester 1 Di Puskesmas Cilengkrang Bandung Tahun 2022.

Irianto. (2020). Pola Makan pada Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan di Desa Tiripan Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Surabaya: Universitas Airlangga.

Novianti Eka. (2019). Hubungan Paritas Dengan Kekurangan Energi Kronik Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Danau Indah. Jurnal Medika Husada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v10i2.13074

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.