Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Karyawan Penyemprotan Kelapa Sawit Di PT. Menteng Kencana Mas Kalimantan Tengah

Ririn Melina(1), Ari widyarni(2*), Fahrurazi Fahrurazi(3), M. Bahrul Ilmi(4)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Selatan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Selatan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Selatan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(4) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Selatan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


PT Menteng Kencana Mas (MKM) adalah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) yang diakuisisi pada tahun 2015. dan mengoperasikan perkebunan kelapa sawit seluas 1.582.48 hektar. Dengan karyawan dibagian penyemprotan, dibagian pupuk, dibagian panen dibagian operator dan dibagian polinasi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan stres kerja, kelelahan kerja dan kepemimpinan dengan kinerja karyawan penyemprotan kelapa sawit di PT Menteng Kencana Mas Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan responden sebanyak 40 karyawan penyemprotan kelapa sawit yang diambil secara total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data ini menggunakan uji statistik chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang memiliki kinerja cukup sebanyak 33 (82,5%) responden, stres kerja sedang sebanyak 29 (72,5%) responden, kelelahan kerja sedang sebanyak 24 (60%) responden, persepsi kepemimpinan baik sebanyak 25 (62,5%) responden. Hasil uji Chi Square didapatkan bahwa ada hubungan stres kerja (p-value=0,000), ada hubungan kelelahan kerja (p-value=0,001) dan tidak ada hubungan kepemimpinan (p-value=0,691) dengan kinerja karyawan penyemprotan kelapa sawit di PT Menteng Kencana Mas Kalimantan Tengah. Disarankan perusahaan dapat memperhatikan atau melakukan penilaian secara berkala tentang gejala-gejala stres dan kelelahan kerja serta memberikan dukungan dan semangat kerja kepada karyawan penyemprotan kelapa sawit guna mendukung peningkatan kinerja karyawan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Aksara. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Cheryl, Esther M. (2018). HUBUNGAN KELELAHAN KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RSU PANCARAN KASIH GMIM MANADO. e-Journal Keperawatan (e-Kp) Volume 6 Nomor 1.

Daulay, R., & Handayani, S. (2021) Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT BANK Sumut Medan. JurnalAgritech, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada. Vol 1.

Ginting, R., & Purba, S. Y. (2019). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA KADER IMUNISASI DASAR CAMPAK PADA BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG BULAN TAHUN 2019. Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi, e-ISSN: 2655-0849 Vol. 2 No.1.

Handayani. S. (2018). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA TENAGA KESEHATAN DI RAWAT INAP RSUD BATUSANGKAR. Jurnal Endurance.

Ibrahim, H., Amansyah, M. and Yahya, G. N. (2016). “Faktor – Faktor yang Berhubungan Dengan Stres Kerja Pada Pekerja Factory 2 PT. Maruki Internasional Indonesia Makassar Tahun 2016‟, AL-SIHAH, 8, pp. 60–68.

International Labur Organization. (2016). Workplace Stress: A Collective Challenge. https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---ed_protect/---protrav/---safework/documents/publication/wcms_466547.pdf.

International Labur Organization .(2018).. Menuju Budaya Pencegahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Yang Lebih Kuat Di Indonesia. https://www.ilo.org/jakarta/info/public/pr/WCMS_616368/lang--en/index.htm.

Irawan, R.( 2021). Hubungan Beban Kerja dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan BPJS Tahun 2022. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari.

Khairunnisa. (2022). Hubungan Beban Kerja Dengan Kelelahan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Puskesmas Cempaka Kota Banjarmasin Tahun 2022. Skripsi Sarjana. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.

Mailani, K. (2022). Hubungan Antara Beban Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Petugas Radiologi (Radiografer) di RSUD Ulin Banjarmasin. Skripsi Sarjana. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.

Manabung, AR. (2019). HUBUNGAN ANTARA MASA KERJA DAN BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA PADA TENAGA KERJA DI PT. PERTAMINA TBBM BITUNG. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 7 No. 5.

Nur, S.N. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Pegawai Di Puskesmas Teluk Tiram Kota Banjarmasin Tahun 2021. Skripsi Sarjana. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.

Nusran, Muhammad dan Dirgahayu Lantara. (2019). Dunia Industri Perspektif Psikologi Tenaga Kerja. Makassar: Nas Media Pustaka.

Rahmasari, R. (2021). HUBUNGAN ANTARA KELELAHAN KERJA DENGAN KINERJA PADA PEGAWAI PT INKA MADIUN BAGIAN PRODUKSI FINISHING TAHUN 2021. Tugas Akhir. JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN PROGRAM STUDI SANITASI PROGRAM DIPLOMA III. POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURABAYA.

Robbins, Stephen P. (2015). Management Thirteen Edition. USA Pearson International Edition. Prentice-Hall. London.

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suma’mur, P.K. (2014). Higiene dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Penerbit Karuniko, Universitas Terbuka.

World Health Organization. (2014). Protecting Workers Health. Geneva: World Health Organization Centre for Health Development.

.(2020). Globals Goals For Oral Health, Word Health Organization.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v10i2.12287

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.